Duo Baptiste/
Musik

Duo Jazzy Dunia Konser di Tiga Kota Indonesia

Azizah Nur Alfi
Jumat, 1 April 2016 - 07:51
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar konser jazz duet Baptiste Trotignon dan Minino Garay di tiga kota mulai 16 Mei hingga 18 Mei. Konser jazz ini merupakan rangkaian Festival Printemps Franais 2016.
 
Duet Baptiste Trotignon dan Minino Garay akan tampil pada 16 Mei pukul 19.30 di Auditorium IFI Jakarta, 17 Mei pukul 20.00 di Balikpapan, dan 18 Mei pukul 20.00 di Bali.
 
Dalam rilis yang diterima Bisnis, mereka akan menginterpretasi ulang karya-karya legendaris Prancis ciptaan Serge Gainsbourg La Javanaise yang dipopulerkan oleh Vanessa Paradis, Jacques Brel Ne Me Quitte Pas yang pernah juga dinyanyikan Nina Simone, dan Claude Nougaro Le Jazz et la Java dan Toulousedalam nuansa tradisional Argentina dan sentuhan aransemen ala West Side Story.
 
Baptiste Trotignon mulai bermain jazz sejak remaja. Di tahun 1994 ia bermain piano dan berakting dalam film Le Nouveau Mondekarya sutradara Prancis Alain Courneau. Di tahun 1998, bersama trio Clovis Nicolas (double bass) dan Tony Rabeson (drum), Trotignon merilis album berjudul Fluidedan Sightseeing. Keunikannya membawa Trotignon meraih penghargaan; Django d\'Or, Prix Django Reinhardt, Best French Newcomer dalam Victoires du Jazz 2003 dan Grand Prix dalam ajang Kompetisi Internasional Jazz Martial Solal 2002.
 
Eksplorasi musik Trotignon pun merambah industri layar lebar ketika ia membuat score musik untuk film Sartrekarya sutradara Claude Goretta yang terkenal dengan filmnya; The Lacemaker (1977), The Invitation (1973) dan La Provinciale (1981).
 
Menyusul sukses di Prancis, Trotignon merilis album Amerika pertamanya Share pada 2009. Selama tahun 2012, dia juga tur negara-negara Eropa serta Asia, selain di Prancis. Dia menajamkan repertoarnya dengan merilis album berjudul Song Song Song di mana ia berkolaborasi dengan musisi ternama, antara lain Miossec dan Melody Gardot. Berbagai karyanya mengantarkan Trotignon meraih predikat Composer of the Year dalam ajang Victoires de la Musique Classique.
 
Teman duetnya, Minimo Garay, memiliki gaya bermusik yang unik dan otentik. Garay meramu jazz dengan musik negara asalnya serta musik dari Afrika. Penampilan Garay akan memberi sentuhan berbeda pada dinamika musik Trotignon.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro