Ilustrasi-Pameran seni rupa/Antara
Fashion

Masyarakat Seni Indonesia Kumpulkan Dana Untuk 682 Pelukis di Bandung

Dika Irawan
Kamis, 7 April 2016 - 10:46
Bagikan

Bisnis, JAKARTA -- Malam itu, Rabu (6/5), di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta, para ibu-ibu yang tergabung dalam Masyarakat Seni Indonesia (MSI) mengumpulkan dana untuk membantu kesenian di sejumlah daerah.

Pengumpulan dana itu dikemas dalam bentuk pagelaran musik bertajuk 'Senandung Cinta'. Sejumlah penyanyi dan penari ditampilkan di atas panggung untuk menghibur para penonton yang telah membeli tiket.

Dana yang terkumpul dari hasil pagelaran itu bakal disumbangkan ke 682 pelukis di Kampung Budaya & Seni, Desa Jelekong, Bandung, Jawa Barat, renovasi ruang topeng Gadjah Mada di Istana Blahbatu, Gianyar, Bali, dan penenun Ulap Doyo di Desa Batubura, Kecamatan Jempang, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Ketua Umum MSI Ken Subagyo mengatakan untuk Desa Jelekong, MSI akan membina kampung tersebut terkait meningkatkan mutu dan hasil lukisan agar memiliki nilai jual lebih. Dengan begitu diharapkan dengan sendirinya kesehjateraan para pelukis anak meningkat.

Sementara itu bantuan renovasi ruang topeng Gadjah Mada akan diserahkan langsung ke Raja I Gusti Ngurah Jelantik. Adapun pengerajin tenun Ulap Doyo harus diberdayakan karena merupakan warisan Suku Dayak yang masih menggunakan pewarna alam.

Ken mengatakan MSI adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba, non politik, dan wadah bagi mereka yang peduli, pemerhati, pecinta, serta pelaku seni. Menurut dia acara serupa juga pernah dihelat pada tahun lalu sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap kesenian di Indonesia.

Malam penggalangan dana menghadirkan penyanyi Lea Simanjuntak, Rainier Revireino, tarian tradisional oleh bilik budaya Kasitha Smarandhana, dan tarian dansa latin oleh team atlet Ikatan Olahraga Dansa Indonesia serta peragaan busana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro