Ilustrasi-Lukisan karya Yuriah Tanzil berjudul Rangkaian Bunga pada pameran bersama yang bertajuk Pesona Tiga Perupa 2016/Antara-Dodo Karundeng
Show

Saksikan Karya Para Perupa Perempuan di Pameran Pandora

Tisyrin Naufalty Tsani
Rabu, 20 April 2016 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berdekatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada bulan ini, Komunitas Dunia 22 Ibu menggelar pameran seni rupa bertajuk Pandora di Bentara Budaya Jakarta pada 22 – 30 April 2016.

Berdasarkan situs resmi Bentara Budaya, Komunitas Dunia 22 Ibu merupakan salah satu komunitas yang cukup aktif. Anggota komunitas tersebut terdiri dari para pelukis perempuan dan memiliki latar pendidikan seni rupa.

Komunitas Dunia 22 Ibu mengusung semangat untuk memberikan wadah bagi para perempuan yang memiliki profesi ganda yaitu sebagai pendidik seni rupa dan sekaligus perupa. 

Melalui pameran ini, para perupa yang berdomisili tersebar di Bandung, Cimahi, Jakarta, Banten dan Dubai berniat menggali lebih jauh potensi medium yang dieksplorasi melalui karya drawing, lukisan, objek, juga instalasi.

Dalam mitologi Yunani, Pandora adalah perempuan pertama yang tercipta di bumi, dan merupakan hasil kolaborasi para dewa atas titah dewa tertinggi Zeus. Pandora memiliki makna ‘menerima banyak hadiah’ dan keistimewaan dari dewa tertinggi.

Pameran yang bertajuk Pandora ini memiliki dasar pemikiran upaya para perempuan perupa untuk melakukan resepsi dan olah tafsir sejalan dengan tumbuhnya pertanyaan-pertanyaan atas mitologi Yunani tersebut. 

Harapannya, tafsir tersebut dapat menumbuhkan suatu ajakan untuk meraih perspektif yang lebih kaya dalam menggali permasalahan kehidupan sebagai perempuan, terutama di era modern seperti saat ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro