Diskusi publik akses obat/pfizer
Health

Pfizer Usulkan Akses Obat Program JKN Bersinergi Antara Pemerintah dan Perusahaan Multinasional

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 22 April 2016 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pfizer, bekerjasama dengan pemerintah, pasien, dan penyedia layanan kesehatan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan rakyat di Indonesia.

Indonesia menghadapi tantangan kesehatan yang cukup terkait dengan penuaan penduduk dan meningkatnya tingkat penyakit degeneratif seperti jantung, kanker, diabetes, dan alzheimer.

Dalam beberapa waktu terakhir Indonesia telah membuat kemajuan yang signifikan dalam bidang kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan harapan hidup, dengan meluncurkan program jaminan kesehatan nasional (JKN).

Salomon Azoulay. SVP, Chief Medical Officer, Global Established Pharma, Pfizer mengatakan jika akses terhadap obat-obatan berkualitas tinggi adalah bagian mendasar dari pelaksanaan JKN, dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan, dan mengurangi beban pada sistem kesehatan.

"Obat membantu pasien hidup sehat dan mengurangi kebutuhan untuk pelayanan kesehatan yang mahal seperti kunjungan gawat darurat, rawat inap, operasi, dan perawatan jangka panjang, yang dapat menghasilkan penghematan dengan sistem kesehatan secara keseluruhan," ujar Salomon di acara Access to medicine di Jakarta.

Dalam merealisasikan hal tersebut, ada tantang yang harus dihadapi. Misalnya pasokan obat yang terbatas, akses pasien ke obat masih terkendala.

Karena itu, katanya, Pfizer, berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi opsi yang mungkin untuk menangani hal tersebut.

Dia melanjutkan beberapa hal yang bisa dilakukan adalah kerjasama antara kerjasama sektor publik dan swasta.

Dengan kerjasama tersebut diharapkan dapat mencapai manfaat sebagai berikut:

1.Material meningkatkan keterjangkauan kepada wajib, dengan mencari mekanik dan skema transparan memperluas akses obat-obatan berkualitas tinggi untuk pasien;

2. Hal ini dapat membantu meningkatkan standar persaingan harga dan kualitas antara produsen generik lokal, dan tambahan meningkatkan keandalan pasokan; dan

3.Hal ini dapat mendorong dan menarik investasi asing.

Saat ini setidaknya ada sekitar 40 perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, bersama 224 produsen lokal.

Mereka umumnya memiliki keahlian teknis untuk menghasilkan obat-obatan yang lebih kompleks, seperti biosimilars dan suntik steril.

Selain itu, dapat memberikan peran penting dalam memastikan bahwa ada kecukupan pasokan produk-produk berkualitas bagi pasien Indonesia, terutama karena permintaan meningkat.

Kemudian, dapat menyediakan obat dengan kualitas tinggi dan pasokan yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro