Ilustrasi/Ceoworld
Relationship

7 Hal yang Perlu Anda Ingat di Hari Pertama Kerja

Andhina Wulandari
Kamis, 28 April 2016 - 08:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum Anda memasuki pintu menuju kantor baru, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika menjalani hari pertama kerja.

1. Perhatikan pakaian

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah penampilan dan pakaian yang sesuai dengan lingkungan bekerja Anda. Cara aman adalah dengan memakai pakaian formal, lalu perhatikan rekan kerja Anda apakah mereka memakai pakaian formal atau justru lebih kasual. Ingat, di hari pertama kerja, lebih baik berpakaian sangat rapi dibanding terlihat santai.

2. Tepat waktu

Lebih baik Anda datang awal ke kantor, daripada terlambat, karena itu perkirakan juga perjalanan Anda dari rumah hingga mencapai kantor. Datang terlambat di hari pertama kerja hanya akan membuat Anda terlihat buruk di mata rekan kerja dan atasan.

3. Periksa ulang pekerjaan

Selalu biasakan memeriksa ulang pekerjaan Anda sebelum akhirnya diserahkan ke atasan. Baca kembali e-mail Anda sebelum menekan tombol send. Dengan melakukan hal ini, Anda akan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

4. Hati-hati saat berteman

Jangan terlalu cepat mengakrabkan diri dengan rekan kerja, apalagi mendengarkan gosip dan politik seputar kantor. Sebagai anak baru, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari gosip atau mendengarkan pembicaraan orang lain tentang si bos. Ada baiknya Anda jadi pihak netral saja.

5. Tak ragu bertanya

Saat diberikan tugas, jangan pernah ragu untuk bertanya jika Anda kurang mengerti atau memerlukan nasihat dari atasan. Pastikan saja Anda bertanya hal itu ketika bos Anda tidak sedang stres atau memiliki banyak kerjaan menumpuk. Jika mungkin, Anda juga bisa bertanya pada rekan kerja yang lebih senior.

6. Jangan rencanakan liburan

Sebagai karyawan baru, Anda harus menunggu setidaknya enam bulan atau satu tahun sebelum akhirnya bisa mengambil cuti untuk liburan. Jika Anda sudah meminta cuti saat baru bekerja, Anda hanya akan dianggap sebagai orang yang tak dapat diandalkan.

7. Tutupi profil media sosial

Sebisa mungkin buat profil media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter, dalam keadaan tertutup. Artinya hanya mereka yang menjadi teman Anda yang bisa melihatnya. Siapa tahu, foto-foto dan status Anda malah bisa memberi kesan buruk pada rekan kerja atau bos baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro