Untuk menjaga kualitas kopi, pemerintah Timor Leste melakukan kontrol yang sangat ketat /ILUSTRASI-Bisnis.com
Fashion

Begini Cara Timor Leste Menjaga Kualitas Kopi

Thomas Mola
Minggu, 1 Mei 2016 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, DILI - Kopi menjadi salah satu komoditas terkenal di Timor Leste. Kopi Timor Leste terkenal memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Untuk menjaga kualitas kopi, pemerintah Timor Leste melakukan kontrol yang sangat ketat kepada para produsen kopi.

Alda da Silva (67), seorang produsen kopi Timor Leste di Dili mengatakan pemerintah secara rutin melakukan pengecekan. Setiap minggu, terdapat seorang petugas yang datang untuk memastikan produksi kopi dilakukan dengan benar.

"Kami tidak pernah mencapur dengan bahan lain. Pemerintah juga mengawasi dengan rajin datang ke sini," ujarnya ketika ditemui di Dili, Sabtu (30/4/2016).

Alda mengatakan produksi kopi timor dilakukan secara home industri. Dalam seminggu, Alda mengaku jika sedang ramai, dapat mengantongi sekitar US$30.000 karena banyak pembeli yang berasal dari manca negara.

Hal itu mungkin juga dipengaruhi oleh lokasi warung Ibu Alda yang tidak jauh dari Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili. Dia mengklaim kopi hasil olahannya, banyak dibeli untuk kemudian dipasarkan kembali di supermarket.

"Kopi saya sudah sampai ke Eropa, Australia dan negara lainnya. Mereka kadang beli 100 kg. Warung-warung lain juga beli dari sini," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro