Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Imunisasi Mampu Cegah Beragam Penyakit Berikut Ini

- Imunisasi adalah cara mencegah penyakit-penyakit tertentu menjadi berat sehingga anak terhindar dari kecacatan dan kematian.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Mei 2016  |  14:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- Imunisasi adalah cara mencegah penyakit-penyakit tertentu menjadi berat sehingga anak terhindar dari kecacatan dan kematian.

Ada beberapa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) di antaranya adalah tuberkolosis, hepatitis B, polio, difteri, tetanus, pertusis, campak, diare akibat rotavirus, radang selaput otak akibat HiB atau pnemokokus, dan masih banyak lagi. Untuk melindungi anak dari kecacatan dan kematian PD3I ini diperlukan cakupan imunisasi yang terus menerus tinggi. Artinya, jumlah anak yang diimunisasi terhadap suatu penyakit dan dampak beratnya. Apabila cakupan imunisasi menurun, akan terjadi senjang dalam kekebalan komunitas.

Bayi dan anak harus menerima imunisasi sedini mungkin untuk mencegah penyakit-penyakit yang menyebabkan kecacatan dan kematian. Namun demikian, perlindungan terhadap berbagai macam penyakit diperlukan sepanjang hidup, tidak hanya setelah anak menjelang remaja, namun juga ketika menginjak masa dewasa, bahkan usia lanjut. Untuk mempertahankan kekebalan komunitas tetap tinggi pada segala usia, diperlukan imunisasi untuk semua sepanjang hidup.

Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit dan Penyehat Lingkungan, Kementerian Kesehtatan Republik Indonesia, dr. Prima Josephine, MKM mengatakan, “Saat Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 pada Maret lalu, economic cost yang harus dibayar mencapai Rp 45 miliar.” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com

Lebih lanjut Prima menegaskan, dana tersebut merupakan tanggungan pemerintah pusat untuk logistik vaksin. Jumlahnya bertambah banyak karena pemerintahan daerah pun mengeluarkan biaya operasional yang tidak sedikit. Biaya tinggi untuk imunisasi ini bisa membengkak hingga Rp 1 triliun untuk memasok vaksin di Posyandu se-Indonesia.

"Pada PIN Polio 2016, BUMN ini memasok sebanyak 1,4 juta vial vaksin polio 20 dosis. Anggaran yang dikeluakan Kementerian Kesehatan ini didistribusikan melalui Dinas Kesehatan di daerah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imunisasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top