Fashion

Buku Pemenang Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2015 dirilis

Azizah Nur Alfi
Rabu, 11 Mei 2016 - 13:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga buku pemenang Sayembara Manuskrip Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta 2015 resmi dirilis, Selasa (10/5/2016).

Ketiga buku puisi tersebut adalah Sergius Mencari Bacchus karya Norman Erikson Pasaribu, Kawitan karya Ni Made Purnama Sari, dan Ibu Mendulang Anak Berlari karya Cyntha Hariadi.

Ketiganya terpilih sebagai pemenang dari total 574 manuskrip yang masuk ke dewan juri. Tiga dewan juri yakni Joko Pinurbo, Mikael Johani, dan Oka Rusmini.

Editor Senior Bidang Sastra Gramedia Pustaka Utama, Mirna Yulistianti, menuturkan puisi karya Norman, Purnama, dan Cyntha memiliki kebaruan seperti pada diksi dan menyusun larik dalam bentuk yang tidak konvensional. Masing-masing penyair memiliki karakter yang kuat.

Dari pilihan desain sampul pun bisa terlihat mereka memiliki warna yang berbeda.  "Penyair muda seperti inilah yang wajib kita dukung, agar mereka terus menulis, berekplorasi, dan meneruskan nafas puisi Indonesia," katanya.

Jika Sergius Mencari Bachus adalah sebuah tragedi, yang kisah-kisahnya disampaikan dengan nada ringan, nyaris komikal menggunakan ironi yang cerdas. Maka Kawitan merupakan empati sosial yang dideskripsikan dengan lembut.

Sementara, puisi-puisi dalam Ibu Mendulang Anak Berlari menyampaikan mengenai kekompleksan sebuah pengalaman menjadi ibu, yang dituliskan dengan bahasa sederhana tetapi bisa menjadi sesuatu uang menakjubkan dan hampir surreal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro