Ilustrasi festival Jazz Festival/Bisnis.com-Feri Kristanto
Musik

Konser Jazz Baptiste dan Minino di Festival Printemps Francais

Atiqa Hanum
Senin, 16 Mei 2016 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Saksikan malam ini Konser Jazz, Baptiste Trotignon & Minino Garay yang merupakan rangkaian Festival Printemps Français 2016 di Institut Prancis di Indonesia (IFI) pukul 19.30 WIB.

 

Berdasarkan siaran pers IFI, pria kelahiran 1974 ini yakni Baptiste Trotignon mulai bermain jazz sejak remaja. Lalu, pada 1994 dia bermain piano dan berakting dalam film "Le Nouveau Monde" karya sutradara Prancis Alain Courneau.

 

Tahun 1998, bersama trio Clovis Nicolas (double bass) dan Tony Rabeson (drum), Trotignon merilis album berjudul “Fluide” dan “Sightseeing” dan membawa Trotignon meraih penghargaan; Django d'Or, Prix Django Reinhardt, Best French Newcomer dalam Victoires du Jazz2003 dan Grand Prix dalam ajang Kompetisi Internasional Jazz Martial Solal 2002.

 

Dia pun merilis album solo (“Solo” dan “Solo II”) pada 2003 dan berkolaborasi dengan saksofonis David El-Malek dan Aldo Romano dalam album “Flower Power” yang mengulik lagu-lagu pop tahun 1970-an pada 2005.

 

Selain itu, Trotignon pernah menjadi penata artistik sekaligus bermain piano bersama pianis Nicholas Angelich dan Alexandre Tharaud untuk konser yang didedikasikan bagi legenda musik Prancis Edith Piaf dan Claude Nougaro. Eksplorasi musik Trotignon pun merambah industri layar lebar ketika ia membuat score musik untuk film “Sartre” karya sutradara Claude Goretta yang terkenal dengan filmnya; The Lacemaker (1977), The Invitation (1973) dan La Provinciale (1981).

 

Menyusul sukses di Prancis, Trotignon merilis “album Amerika” pertamanya, Share pada 2009. Disusul album Suite tahun 2010 yang berisi rekaman konser live di London. Selama tahun 2012, selain tur konser di Prancis dan negara-negara Eropa lainnya serta Asia, ia menajamkan repertoarnya dengan merilis album berjudul “Song Song Song” di mana ia berkolaborasi dengan musisi ternama, antara lain Miossec dan Melody Gardot (yang juga terkenal dengan lagu Our Love is Easy, Lover Undercover dan interpretasi ulang atas lagu Over The Rainbow).

 

Pada saat bersamaan, konserto piano Different Spaces, karya orkestral pertamanya, terdaftar di Orkestra Nasional Bordeaux Aquitanine dan dimainkan pertama kali oleh pianis Nicholas Angelich. Karya tersebut mengantarkan Trotignon meraih predikat Composer of the Year dalam ajang Victoires de la Musique Classique. Kali ini di Jakarta, Balikpapan dan Bali, Trotignon yang dijuluki harian Le Monde sebagai “a lesson, a model, a perfection from A to Z” akan berduet dengan musisi perkusi Minino Garay.

 

"Saya selalu terkesan dengan berbagai alat musik ritmis, seperti piano. Tantangan terbesar dalam memadukan piano dengan perkusi adalah ketiadaan bassist. Tangan kiri sayalah yang berperan sebagai 'basist'. Secara pribadi saya sangat suka konser duo karena di sinilah kami bisa mengeksplorasi komunikasi langsung antara dua individu," bebernya.

 

Penampilan Garay akan memberi sentuhan berbeda pada dinamika musik Trotignon. Mereka akan menginterpretasi ulang karya-karya legendaris Prancis ciptaan Serge Gainsbourg (La Javanaise yang dipopulerkan oleh Vanessa Paradis), Jacques Brel (Ne Me Quitte Pas yang pernah juga dinyanyikan Nina Simone) dan Claude Nougaro (Le Jazz et la Java dan Toulouse) dalam nuansa tradisional Argentina dan sentuhan aransemen ala West Side Story.

 

Tiket dibanderol dengan harga Rp75ribu untuk umum dan Rp50ribu untuk pelajar. Selain di Jakarta, duo jazzy dinamis ini akan menggelar konser mereka di Balikpapan pada 17 Mei 2016 dan Bali pada 18 Mei 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro