Pegunungan sekitar kawasan wisata Kintamani, Bangli.-indonesia.travel-.jpg
Travel

PARIWISATA BALI: Banyak Lokasi Butuh Perhatian

Natalia Indah Kartikaningrum
Senin, 23 Mei 2016 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (Putri) Bali menyatakan masih banyak lokasi wisata di Bali yang membutuhkan perhatian, baik dari pemerintah, asosiasi, maupun pengelola tempat wisata yang bersangkutan.

I Ketut Nuryasa, Ketua Putri Bali, mengatakan masih banyak destinasi-destinasi wisata, khususnya di daerah pelosok yang belum lengkap sarana-prasarana maupun infrastrukturnya dan pihaknya akan terus memantau perkembangan destinasi wisata di Bali.

“Sekarang ini desa wisata mulai bermunculan, ada trekking, ada taman rekreasi, pantai, dan sebagainya. Namun perlu infrastruktur, dan kami mengimbau perlu perbaikan infrastruktur di destinasi wisata seperti pembangunan toilet berstandar internasional,” ujarnya, Senin (23/5/2016).

Menurutnya, beberapa destinasi wisata di Bali seperti Pantai Virgin di Karangasem belum mempunyai toilet yang representatif.

“Sebenarnya pemerintah disana [pantai Virgin] sudah memberikan sedikit bantuan sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk ikut menjaga, merawat destinasi pariwisata, dan bagaimana menyambut wisatawan yang datang. Namun kembali lagi hal ini tidak terlepas dari finansial. Tahun-tahun sebelumnya, kami juga bekerjasama dengan hotel-hotel berbintang di Bali dalam hal itu,” paparnya.

Dia menyatakan pihaknya juga sering melakukan hal yang sama di masing-masing kabupaten/kota, sesuai dengan program Putri Bali. Hanya saja terkadang kendala yang dihadapi adalah dari segi finansial sehingga dibutuhkan andil pemerintah.

“Kami terus mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota agar memberikan perhatian terhadap infrastruktur menuju ke objek pariwisata tersebut. Mengingat objek wisata hampir 87% ada di desa adat atau dikelola oleh desa dan ini sangat membantu mengembangkan ekonomi kreatif pedesaan,” ujarnya.

Nuryasa menambahkan destinasi yang paling membutuhkan banyak perbaikan terletak di wilayah timur Bali seperti Karangasem dan Bangli, kemudian wilayah utara seperti Singaraja, wilayah barat di Tabanan seperti Jatiluwih.

Anak Agung Gede Yuniartha Putra, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, mengatakan pemerintah sedang mengupayakan untuk menambah prasarana pendukung seperti toilet umum dan beberapa infrastruktur lainnya, secara bertahap sesuai dengan anggaran pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Sebenarnya kita bisa lihat bahwa disetiap destinasi pasti ada fasilitas toiletnya, namun mungkin jumlahnya yang masih kurang. Namun pada intinya lokasi wisata harus tetap dijaga kebersihannya sehingga wisatawan merasa nyaman,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro