Jaket Pintar Google dan Levi's/Forbes
Fashion

Google dan Levi's Ciptakan Jaket Pintar

Juli Etha Ramaida Manalu
Rabu, 25 Mei 2016 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kerja sama Google dan Levi's akhirnya berbuah sebuah jaket jeans yang bisa terhubung dengan perangkat ponsel dan tablet.

Sebagai bagian dari konferensi I/O (konferensi developer perangkat lunak tahunan Google), kedua perusahaan tersebut menyingkap produk terbaru hasil kerja sama keduanya berupa pakaian yang bisa terkoneksi dengan ponsel. Pakaian ini didukung oleh teknologi Jacquard yang dikembangkan oleh Google dan dibuat khusus untuk komunitas biker.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (25/5/2016), salah satu lengan jaket ditenun dari serat konduktif halus yang memungkinkan Anda mengetuk dan menggesek permukaan kain guna menjalankan serangkaian perintah seperti menonaktifkan suara panggilan ketika telepon masuk, hingga meminta petunjuk arah dari Google Maps.

Serat konduktif berbahan dasar logam yang digunakan untuk membuat jaket ini bisa dicuci dan dijahit menjadi denim. Ada pula perangkat keras seukuran kancing yang disebut smart tag yang memungkinkan jaket untuk terkoneksi ke ponsel atau tablet via Bluetooth.

Perangkat ini bisa dilepas dan dipasang kembali. Kontrol atas gerak dan fungsi tertentu dapat disesuaikan dengan bantuan aplikasi pendamping, Namun, belum ada kabar apakah aplikasi ini akan segera tersedia untuk pengguna non-Android.

Jaket ini dapat melakukan beberapa perintah seperti memberi tahu lokasi coffee shop terdekat atau tempat-tempat lain, memberitahu estimasi waktu tiba ke destinasi anda, dan mengubah track di daftar putar anda. Semua informasi ini disampaikan melalui audio, jadi Anda tidak harus terganggu karena harus menatap layar.

Google akan merilis rincian lebih lanjut tentang spesifikasi produk ini pada musim semi berikutnya. Di saat yang sama, Google juga akan memberitahu apakah satu smart tag dapat digunakan untuk lebih dari satu pakaian serta harga jaket yang masih dalam proses penyempurnaan itu.

Meskipun Levi's adalah mitra pertama Google dalam pengembangan teknologi Jacquard, platform ini pada akhirnya akan bisa digunakan untuk desainer pihak ketiga dan developer aplikasi.

Serat konduktif yang digunakan untuk Jacquard diklaim kompatibel dengan berbagai alat tenun komersil yang berarti bahwa semua desainer produk berbasis teksil akan bisa dengan mudah menggabungkan teknologi kedalam produksi mereka.

Jaket yang disebut Commuter Trucker ini akan masuk dalam koleksi musim semi 2017 Levi's dan akan di jual di toko-toko dan secara online. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro