Musisi Sawung Jabo mementaskan musik ketika tampil pada Konser Musikalisasii Puisi Kesaksian Rendra di Altar Teater Amphi Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa (9/8)./Antara
Show

Jejak WS Rendra di Aceh

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 13 Agustus 2016 - 07:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa seniman memberikan kesaksiannya mengenai sosok WS Rendra dalam Konser Musikalisasi Puisi Kesaksian Rendra di Altar Teater Amphi Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selama (9/8/2016).

Salah satunya, seniman Aceh, Fikar W Eda, yang menceritakan jejak WS Rendra di Aceh.

Seniman Aceh, Fikar W Eda, memberi  kesaksian tentang hubungan batin antara Rendra dan Aceh. Jejak Rendra begitu terasa di Aceh. Pertama kali datang ke Aceh sekitar 1970-an, Rendra menuliskan syair berjudul Guru Kami untuk Universitas Syiah Kuala. Syair ini kemudian digubah menjadi himne kampus tersebut.

Jejak Rendra juga terpahat dalam puisi tanpa judul di dinding gedung wakil rakyat di Aceh. Puisi tersebut berisi tentang konsep wakil rakyat. Ketika Tsunami menimpa Aceh, Rendra hadir di tengah-tengahnya.

Salah satu kutipan puisinya juga dituliskan dan dipahatkan di salah satu kuburan massal. Kekaguman Rendra terhadap pahlawan perempuan asal Aceh, Cut Nyak Dien, tertuang pada sajak Balada Cut Nyak Dien.

“Rendra berulang kali datang ke Aceh. Ketika Rendra dilarang dimana-mana, Aceh lah yang mengundang Sang Burung Merak. Ini pertautan Rendra dengan Aceh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro