Koleksi Environmental Jewelry/Istimewa
Fashion

Sulap Butiran Beras Jadi Perhiasan Eksotis

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 27 Agustus 2016 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Padi atau Oryza sativa selama berabad-abad telah menjadi tanaman yang paling krusial bagi kehidupan masyarakat Asia, tidak terkecuali Indonesia. Tumbuhan yang lebih dikenal dengan nama padi itu menghasilkan beras, yang menjadi makanan pokok bangsa ini.

Namun, siapa sangka, beras yang biasa menjadi santapan sehari-hari sebagian besar warga Indonesia itu menyimpan keindahan bernilai tinggi bagi dunia fashio. Butiran putihnya yang dianggap ‘biasa saja’ oleh mayoritas orang ternyata bisa disulap menjadi aksesori nan eksotis.

Hanya desainer ekstra kreatif saja, yang mampu melihat dengan jeli eksotika butiran beras sebagai sebentuk perhiasan yang elegan. Dan, hal itu dilakukan oleh pasangan Ega dan Julia (EJ), yang mendirikan label aksesori kreatif bernama Environmental Jewelry.

Di tengah kemunculan sejagad perusahaan startup di bidang fashion dan aksesori di Tanah Air dua tahun belakangan ini, label yang berbasis di Bandung itu menawarkan konsep yang sangat unik dan berbeda dibandingkan yang lain.

Duo EJ mendirikan labelnya pada Mei 2014 dengan mengusung konsep perhiasan berkelanjutan (sustainable jewelry). Sesuai dengan konsepnya, aksesori yang mereka hasilkan menggunakan material ramah lingkungan, yang kerap dipandang sebelah mata.

Material tersebut tidak lain adalah butiran beras kering, yang disusun dengan sangat hati-hati menjadi sebuah perhiasan; mulai dari cincin, gelang, anting-anting, hingga kalung. Sekilas, tidak banyak yang menyangka bahwa aksesori-aksesori Ega dan Julia terbuat dari beras.

Menggunakan campuran resin brass dan dipulas dengan berbagai palet warna kalem, beras-beras yang dirangkai pasangan desainer itu lebih terlihat seperti sebongkah batu alam mentah yang bergerigi karena masih belum dipoles.

‘Batu mentah’ yang terbuat dari beras itu lantas diikat dengan helaian perak untuk membentuk sebuah cincin, anting, atau gelang. Ada juga yang dikaitkan dengan rantai emas untuk menghasilkan sebuah kalung nan cantik.

Dengan tatakan yang sangat sederhana, perhiasan koleksi Environmental Jewelry tetap mampu mencuri perhatian, karena bentuknya yang unik. Begitu uniknya, koleksi mereka lebih cocok disandang sebagai fashion statement atau penegas penampilan.

London

Ide membuat perhiasan unik dari beras dicetuskan Julia sepulang menimba ilmu fashion designer di London. Di sana, dia banyak mendapatkan ide tentang bisnis berkelanjutan yang menggunakan produk-produk ramah lingkungan.

Inspirasi dari desainnya sendiri didapatkannya dari kemewahan yang terkandung di dalam detail-detail yang terdapat di alam.

“Kami percaya seseorang bisa tetap tampil mewah dengan menggunakan materialsustainable, yang tidak selalu lekat dengan citra kemewahan.”

Siapapun pasti sepakat aksesori dari beras tersebut terlihat mewah dan dirancang dengan desain yang timeless, sehingga cocok dikenakan untuk segala acara. Siapa yang sangka butiran beras dapat disulap menjadi aksesori yang menyerupai produk perhiasan high-end?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro