Ilustrasi/bplans
Health

4 Makanan Ini Baik untuk Sarapan

JIBI
Sabtu, 27 Agustus 2016 - 14:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sarapan penting untuk menyumbang energi saat akan memulai hari.

 “Banyak orang menganggap sarapan tidak penting, padahal sangat penting. Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan,” ujar dr. Eva Devita Harmoniati, Sp.A dari Ikatan Dokter Anak Indonesia dalam acara “Energen untuk Anak Indonesia”.

Saat bangun pagi, gula darah turun, membuat kita lemas dan tidak bersemangat. Akibatnya, kerja atau studi tidak optimal.

 “Sarapan menempati posisi sangat penting dibandingkan makan siang atau malam. Sarapan merupakan makanan khusus otak, berhubungan erat dengan kecerdasan mental dan memberikan nilai positif terhadap aktivitas otak anak,” jelas Eva.

Untuk mendapatkan manfaat sarapan, makanan yang kita konsumsi harus memenuhi kebutuhan gizi makro yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan air serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

“Kebutuhan gizi harus dipenuhi sedikitnya seperempat dari kebutuhan harian tubuh. Dengan kata lain, porsi sarapan ideal adalah seperempat atau 25 persen dari kebutuhan asupan makanan sehari. Tidak hanya dilihat dari gizinya, tetapi sarapan sehat di waktu yang tepat penting diperhatikan. Idealnya sarapan sehat dilakukan sebelum jam 9 pagi. Tidak hanya bertujuan mencegah lapar tetapi juga untuk memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan untuk bekerja, belajar, bermain, berkreasi, dan berolahraga,” ujar Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Ini dia beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan:

1. Telur
Telur salah satu makanan terbaik untuk sarapan. Telur menyediakan vitamin, protein, dan mineral. Kalori yang terkandung di dalamnya pun hanya 72 per butir.

2. Oatmeal
Oatmeal rendah kolesterol dan mengandung serat mudah larut yang membantu proses pencernaan dengan baik dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Roti gandum
Karbohidrat dibutuhkan saat sarapan, lebih baik bila Anda memilih makanan dengan karbohidrat yang baik seperti roti gandum. Dibuat dengan gandum utuh, roti gandum mengandung serat lebih banyak dan akan membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Buah-buahan
Buah-buahan baik dikonsumsi saat sarapan, dengan kandungan bermacam-macam vitamin, kalium, serat, dan kebanyakan berkalori rendah. Selain itu buah-buahan memiliki kandungan air yang tinggi. Jeruk misalnya, mengandung vitamin C yang tinggi dan menyegarkan. Anda juga bisa memilih buah lain seperti pisang yang mengenyangkan, semangka dengan kandungan air tinggi dan berkalori rendah, buah-buahan berry, kiwi, dan sebagainya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro