Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Buat Pasta Gigi dari Cangkang Langkitang

Tahukah Anda bahwa keong yang berasal dari famili Pachychilidiae bernama “Langkitang” mempunyai daging dengan cita rasa yang lezat dan mengandung lemak, protein, kalsium, garam, serta fosfor yang baik untuk tubuh.
Atiqa Hanum
Atiqa Hanum - Bisnis.com 29 Agustus 2016  |  03:35 WIB
Cara Buat Pasta Gigi dari Cangkang Langkitang
Cangkang Langkitang. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tahukah Anda bahwa keong yang berasal dari famili Pachychilidiae bernama “Langkitang” mempunyai daging dengan cita rasa yang lezat dan mengandung lemak, protein, kalsium, garam, serta fosfor yang baik untuk tubuh.

Namun, dibalik kelezatannya ternyata cangkang langkitang dapat digunakan untuk membuat pasta gigi yang dapat mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga mampu membuat gigi jadi lebih kuat.

Hasil penemuan tiga siswi SMA 1 Padang yakni Huwaid Azijah Nur, Lupi Asmeri Fadhilah dan Putri Rizki Fitriani ini meraih juara 2 dalam kompetisi L’Oréal Girls in Science (LGIS).

Mereka pun menjelaskan bahan-bahan apa yang dibutuhkan dalam pembuatan pasta gigi tersebut yakni cangkang langkitang 13,6%, sari tebu 27%, sari pandan 1,4%, sari jeruk nipis 4%, karaginan/rumput laut 54%

Karaginan atau karagenan adalah senyawa yang diekstraksi dari rumput laut, Famili Rhodophyceae seperti Euchema spinosum dan Euchema cottonii. Terdiri dari rantai poliglikan bersulfat dengan massa molekuler (Mr) kurang lebih di atas 100.000, serta bersifat hidrokoloid. Karaginan digunakan sebagai bahan pengental, pembuatan gel dan emulsifikasi.

Pertama-tama, dalam keterangan resmi tertulisnya, Minggu (28/8/2016), sterilkan cangkang langkitang dengan oven dengan suhu 180°C. Lalu, Haluskan menggunakan mortar sampai berbentuk serbuk dan tidak ada lagi serpihan hitam.

Selanjutnya, campurkan cangkang langkitang yang telah dihaluskan dengan beberapa bahan alami lainnya, yaitu rumput laut, lemon, daun pandan dan air tebu. Setelah itu, ambil 1 gram karaginan yang telah bersih dan direndam air selama 4 jam, lalu dihaluskan dengan blender.

Terakhir, cangkang langkitang yang telah dihaluskan dicampur dengan karaginan yang bertekstur seperti gel pasta gigi. Untuk penambahan warna dan rasa masukkan 20 helai daun pandan yang telah diekstrak dan 50ml air tebu yang juga telah diekstrak. Semua bahan diaduk dan dicampur menjadi satu.

Pasta gigi cangkang langkitang akan memiliki rasa pandan dan segar di mulut. Namun, karena pasta gigi ini bersifat alami, maka hanya dapat bertahan selama kurang lebih satu minggu. Anda dapat menambahkan bahan pengawet sodium benzoat dengan takaran yang tepat untuk menambah masa pakainya.

Kandungan dari sari jeruk nipis juga mampu membersihkan gigi dari kuman. Dengan memanfaatkan cangkang langkitang, maka salah satu masalah limbah di tepi pantai dapat teratasi, selain itu ekonomi masyarakat pesisir juga dapat terbantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompetisi penelitian loreal temuan
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top