Referensi

Warisan Ilmu Robby Djohan

Azizah Nur Alfi
Selasa, 13 September 2016 - 11:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Robby Djohan atau kerap disapa Rodjo, dikenal sebagai pemimpin yang sukses melakukan transformasi bisnis di berbagai perusahaan yang pernah dipegangnya, seperti Garuda Indonesia dan Bank Mandiri. Meski telah tiada pada 13 Mei 2016, nilai-nilai dan serta pandangannya tentang kepemimpinan tetap hidup hingga kini. Dia telah menjadi a great leader yang mencetak banyak leader.

Buku Robby Djohan: No Nonsense Leadership merupakan kumpulan pemikirannya berdasar pengalaman lebih dari 30 tahun di dunia perbankan, dalam rubrik Message from Robby Djohan di Majalah Infobank. Selain itu, dalam buku yang sedianya diterbitkan pada 1 Agustus 2016 bertepatan dengan hari ulang tahun ke 78 itu, juga merangkum faktor-faktor nilai yang mengikuti selama perjalanan hidupnya membangun karier dan kepemimpinan.

Dalam bab pengantar, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardjojo mencatatkan bawah Robby Djohan tidak hanya kombinasi keberanian dan ketegasan, tetapi juga mengutamakan pembangunan manusia. Nilai ini yang kemudian mampu mencetak para bankir dan menduduki posisi puncak di perusahaan.

Menurut Agus, gaya kepemimpinan Robby Djohan tidak berdasarkan teori semata, tetapi juga pengalaman konkret ketika memimpin sejumlah perusahaan, baik dalam kondisi suistanable maupun krisis. Pengalaman ketika membesarkan Bank Niaga, memimpin penyelesaian kriss di Garuda Indonesia, dan memimpin mega-merger Bank Mandiiri.

Maka buku ini perlu dibaca para profesional muda, calon pemimpin atau pemimpin bisnis, bahkan penyelenggara negara. Sebab, banyak insight dari Robby Djohan terhadap penyelesaian krisis dan memajukan perusahaan.

Soal membangun manusia atau pendidikan memang menjadi perhatian Robby Djohan. Idenya, setiap orang harus bisa menghasilkan orang lain. Jika setiap orang berpikir demikian, maka Indonesia tidak memiliki persoalan kepemimpinan. Sebab, persoalan di Indonesia tidak lain adalah persoalan kepemimpinan. Pendidikan yang diberikan berupa melandasi anak buahnya dengan nilai-nilai, kemudian memberikan kesempatan untuk mengambil keputusan.
Berikan dia kesempatan dan dia akan berhasil. Hal ini dicatatkan editor Karnoto Mohamad dalam pengantarnya dan prolog.

Tak hanya sebagai pemimpin perusahaan, Robby Djohan juga pemimpin keluarga yang peduli dan melindungi. Dia mewariskan integritas diri kepada anak-anaknya. Dia juga menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, komitmen, dan peduli terhadap orang lain.

Penuturan dari keluarga makin memperkaya nilai yang ingin disampaikan dalam buku ini. Gaya bertutur dalam buku setebal 205 halaman ini juga memudahkan pembaca memahami pesan dan pemikiran Sang Guru.

Judul Buku: Robby Djohan: No Nonsense Leadership
Penulis: Robby Djohan
Penerbit: Infobank Publishing
Tebal: 205 Halaman
Cetakan: Pertama, Agustus 2016
ISBN: 978-979-8338-09-0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro