Ilustrasi/Youtube
Relationship

3 Hal Bikin Anda Gagal Wawancara Kerja

JIBI
Senin, 3 Oktober 2016 - 15:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wawancara kerja di perusahaan idaman, hasilnya ternyata Anda ditolak. Padahal, Anda sudah berusaha sebaik mungkin dan mempersiapkan diri secara maksimal. Lalu, apa yang kurang?

Memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan impian. Tak cukup sekadar curriculum vitae (CV) yang bagus untuk membuat Anda diterima di perusahaan yang diimpikan.

Justru, sering kali kesan saat wawancara yang membuat Anda diterima di tempat kerja. Agar dapat menjalani tahap wawancara dengan lancar, sebaiknya hindari tiga hal ini saat melamar pekerjaan.

1. Berpakaian yang mencolok
Hindari berpakaian yang mencolok. Gunakan pakaian yang pantas saat wawancara. Hanya karena wawancara dilakukan akhir pekan, bukan berarti Anda bebas memakai kaus dan celana jins. Berpakaianlah secara profesional dan hindari warna-warna yang terlalu mencolok.

Krithika Joshi, seorang HRD di sebuah perusahaan IT di India, mengatakan, “Kandidat harus ekstra-hati-hati dalam memilih busana saat wawancara, sekalipun pekerjaan yang dilamar merupakan tipe pekerjaan yang tidak terlalu formal.”

2. Datang terlambat
Ingatlah bahwa wawancara kerja bukan janji pesta dengan teman-teman. Datang terlambat merupakan nilai minus. Pastikan Anda hadir 20 menit sebelum dimulai dan informasikan kepada resepsionis bahwa Anda telah hadir.

3. Berbohong
Jangan berbohong dengan melebih-lebihkan gaji yang diterima di kantor lama. Pewawancara pasti lebih cerdas dibanding Anda dan mengetahui bila Anda sedang berbohong. Jika ini ketahuan, Anda tidak hanya harus menanggung malu, tapi juga segera didiskualifikasi.

 INFO: Sumpah Pemuda Sale: Jangan Lewatkan Diskon 66% epaper Bisnis Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro