Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menjaring Bakat Menulis Naskah Lewat Kid Witness News 2016

PT Panasonic Gobel Indonesia selenggarakan Kid Witness News (KWN) untuk ke-13 kalinya di Indonesia yakni program kompetisi yang mengajak anak muda Indonesia untuk bercerita mengenai uniknya dunia sekitar mereka melalui naskah pendek. Tahun ini tema yanb diangkat adalah Uniknya Duniaku tentang ekologi,komunikasi atau olahraga.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Oktober 2016  |  17:28 WIB
Menjaring Bakat Menulis Naskah Lewat Kid Witness News 2016
Ilustrasi - Thenewspaperworks
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA- PT Panasonic Gobel Indonesia selenggarakan Kid Witness News (KWN) untuk ke-13 kalinya di Indonesia yakni program kompetisi yang mengajak anak muda Indonesia untuk bercerita mengenai uniknya dunia sekitar mereka melalui naskah pendek.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “Uniknya Duniaku” tentang ekologi,komunikasi atau olahraga. Selain untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM), program ini ditujukan untuk meningkatkan awareness anak-anak mudaterhadap uniknya kehidupan di sekitarnya.

Kompetisi ini mengikutsertakan siswa dan siswiberusia 10 – 15 tahun dengan jumlah 2 - 10 anggota dalam satu tim dari sekolah yang sama,untuk menuangkan kreativitasnya melalui penulisan naskah pendek berdurasi 5 menit. Naskah pendek dapat berupa skenario, storyline atau storyboard untuk jenis tayangan reportase, drama, atau dokumenter.

10 jalan cerita terbaik akan dibekali olehcamcorder dari Panasonic dan mendapatkan pelatihan dari para akademisi serta praktisi profesional perfilman Indonesia untuk diikutsertakan pada kompetisi tahap selanjutnya, yaitu pembuatan video. Selanjutnya, 3 pemenang video terbaik tingkat nasional akan mengikuti kompetisi KWN tingkat internasional. 

Pada tahun ini PT Panasonic Gobel Indonesia bekerjasama dengan salah satu sekolah tinggi ilmu komunikasi terkemuka di Indonesia, London School Public Relation (LSPR) untuk mendukung berlangsungnya progam ini.

“Siswa-siswi berusia 10 – 15 tahun merupakan generasi emas yang sedang giat dalam berkreasi untuk menyalurkan bakat dan kreativitas yang mereka miliki. Di tengah kemajuan teknologi yang ada, anak muda Indonesia dapat bercerita melaluinaskah pendek yang pada akhirnya akan dibimbing dan diikutsertakan dalam kompetisi pembuatan video. Program KWN ini telah konsisten dilaksanakan sejak 28 tahun lalu secara global dan saat ini dipromosikan di lebih dari 13negara,” jelas Viya Arsawireja, Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia dalam siaran persnya.

Adapun program yang akan dilakukan dalam acara ini berupa roadshow selama dua minggu mulai dari 5 Oktober – 19 Oktober 2016 ke beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk secara langsung memperkenalkan konsep kompetisi ini kepada para calon peserta yang berkompeten. 50 sekolah yang berada di areaJakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) juga Bandung akan berkesempatan mengikuti pelatihan dari tim Panasonic yang dibantu oleh London School Public Relation untuk memberikan kiat-kiat dan pembekalan mengenai penulisan naskah pendek yang baik.

Kemudian, akan dipilih 10 finalis dengan naskah terbaik yang telah dinilaiberdasarkan originalitas naskah, kreativitas, serta korelasi cerita dengan tema yang ditetapkan akandiundang ke Jakarta untuk mengikuti KWNWorkshop 2016 pada bulan Desember 2016 mendatang, di bawah bimbingan para akademisi serta praktisi profesional perfilman Indonesia. Para mentor akan memberikan pembekalan penulisannaskah, sinopsis, proses perekaman gambar(shooting), editing, music scoring dansoundtracking, guna memproduksi naskah mereka ke dalam format film pendek. Para finalis diminta untuk membuat tayangan video dari naskah yang dikirimkan. Masing-masing sekolah finalis yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa 1 unit camcorder Panasonic.

Pengumuman 3 pemenang nasional terbaik akan dilaksanakan pada Januari 2017, dimanapemenang pertama akan diikutsertakan dalam kompetisi KWN tingkat internasional. Proses penilaian KWN ini dilakukan secara komperhensif dan profesional. Karya dinilai berdasarkan aspek originalitas, efektifitas pesan,relefansi pesan dan tema, konsep, penggunaan bahasa hingga produksi video. Penjurian akan dilakukan oleh Panasonic Gobel Indonesia,Yayasan Matsutita Gobel, London School Public Relation (LSPR) dan juga Video Director Anggy Umbara.

Selain melibatkan akademisi, KWN tahun ini juga didukung oleh video director berprestasi, Anggy Umbara. Anggy Umbara, Video Director mengatakan,“Sebagai pelaku industri kreatif di Indonesia, saya turut mendukung upaya PT Panasonic Gobel Indonesia dalam mengembangkan bakat dan kreativitas generasi muda. Kiranya program ini dapat semakin memotivasi berbagai pihak, baik perusahaan maupun pemerintah dalam melakukan program pengembangan kreativitas anak lainnya. Tentunya, kita semua berharap partisipasi siswa yang mengikuti kompetisi ini dapat semakin meningkat dari tahun sebelumnya.”

”Karya terbaik dari pemenang KWN 2016 akan menjadi representasi dari kreativitas anak bangsadi tingkat internasional. Sudah saatnya generasi muda bersuara dan menyalurkan potensi mereka melalui berbagai wadah yang ada, termasuk naskah pendek yang nantinya akan dikemas melalui video yang kreatif,” tutup Viya Arsawireja,Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompetisi panasonic
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top