gejalakencingmanis.com
Health

Menderita Diabetes? Segera Periksakan Mata Anda

Rezza Aji Pratama
Kamis, 20 Oktober 2016 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Penderita diabetes melitus yang sudah mengidap penyakit tersebut lebih dari lima tahun disarankan untuk memeriksa retina matanya.

Rumita S. Kadarisman, dokter spesialis mata, mengatakan sepertiga dari penderita diabetes biasanya juga mengalami kerusakan mata yang disebut diabetik makular edema (DME).

Semakin lama seseorang menderita diabetes semakin tinggi juga risiko mengalami kerusakan mata ini.

"DME terjadi ketika kebocoran cairan ke pusat makula, bagian peka cahaya dari retina yang bertanggungjawab untuk ketajaman penglihatan langsung. Cairan di makula bisa menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah atau kebutaan," ujarnya, Kamis (20/10).

Untuk mempertahankan dan memperbaiki kualitas penglihatan, sangat penting bagi pasien DME untuk segera diberikan pengobatan yang tepat agar penglihatannya dapat dipertahankan.

Rumita menuturkan tanpa pengobatan, pasien DME dapat kehilangan dua baris dari penglihatannya dalam waktu 2 tahun pertama. Diagnosa dini dan pengobatan yang tepat akan membantu memulihkan kualitas penglihatan.

DME merupakan salah satu penyebab tersering masalah gangguan penglihatan berat pada populasi usia kerja.

Kerusakan penglihatan ini akhirnya mempengaruhi kualitas hidup karena pasien akan kesulitan mengerjakan tugas sehari-hari. Selain itu, jika dibiarkan penyakit ini bahkan bisa menyebabkan kebutaan total.

"Pasien DME harus mengeluarkan biaya tahunan sekitar 2 kali lipat lebih besar daripada pasien yang hanya menyebabkan diabetes biasa," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro