Ilustrasi/Reuters
Health

Cegah Kematian Anak dengan Cuci Tangan

Atiqa Hanum
Kamis, 27 Oktober 2016 - 18:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda, data Riset Kesehatan Dasar 2007 mengungkapkan di Indonesia, diare masih menjadi penyebab kematian anak, yaitu sebesar 31% di antara anak di bawah usia satu tahun dan 25% kematian anak berusia antara satu hingga empat tahun.

Berdasarkan Kajian Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2013, hanya 18,5% masyarakat Indonesia mencuci tangan dengan sabun. Cuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling murah untuk mencegah kematian dan penyakit yang berhubungan dengan diare.

Dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016, Marketing Director Reckitt Benckiser Indonesia Faraz Shamsi mengatakan, Dettol Indonesia bekerjasama dengan pemerintah kota Bandung menyerahkan 200 fasilitas cuci tangan yang dibangun di sekolah-sekolah dan ruang publik di kota Bandung.

“Tidak hanya itu, kami juga menggelar edukasi akan pentingnya cuci tangan dengan sabun di SDN Karang Pawulang, Buah Batu, Bandung. Program edukasi yang berada dalam naungan Misi Hidup Sehat bersama Dettol ini mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama berikrar dalam menjaga kesehatan dan kebersihan, dimulai dari mencuci tangan setiap dan setelah beraktivitas,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (27/10/2016).

Hari Cuci Tangan Sedunia ini merupakan hari yang secara global didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

Faraz mengatakan, dengan acara perayaan hari tersebut bisa memberikan dampak positif, dan mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan higienis. Akses  fasilitas cuci tangan di sekolah juga merupakan langkah awal untuk menanamkan hidup bersih.

“Dengan menanamkan perubahan perilaku sehat pada usia dini. Sebuah tindakan sederhana, mencuci tangan dengan sabun, dapat mencegah penyakit dan kematian,” tegasnya.

Kegiatan seperti ini juga merupakan rangkaian dari acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016, yang sebelumnya telah dilaksanakan di kota Surabaya dan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro