Asup Gizi Seimbang Cegah Obesitas

Prinsip untuk memiliki berat badan ideal yakni terbentuk dari asupan yang masuk ke tubuh seimbang dengan aktivitas yang dilakukan seseorang dalam seharinya. Prinsip tersebut akan membuat berat badan seseorang ideal tentunya.
Atiqa Hanum | 02 November 2016 23:51 WIB
Angka pada timbangan badan jadi indikator bagi seseorang menentukan obesitas - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Prinsip untuk memiliki berat badan ideal yakni terbentuk dari asupan yang masuk ke tubuh seimbang dengan aktivitas yang dilakukan akan membuat berat badan seseorang ideal.

Praktisi Gizi Klinik Rita Ramayulis mengungkapkan, ada beberapa strategi untuk mencegah obesitas sehingga mendapat berat badan yang ideal. Strategi pertama adalah kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan menggantinya dengan makanan yang diolah tanpa minyak atau menggunakan sedikit saja minyaknya.

“Strategi kedua adalah mengutamakan memilih protein rendah lemah dan tidak mengonsumsi protein tinggi lemak,” terangnya, Rabu (2/11/2016).

Dia mengatakan, selanjutnya strategi ketiga mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis dengan mengurangi takaran gula sebagai campuran ke dalam makanan maupun minuman. Anda bisa menggantinya dengan membiasakan konsumsi buah sebagai pengganti rasa manis.

“Terakhir, cobalah sediakan selalu sayur dan buah setiap makan utama. Untuk pengolahan sayur sendiri tidak menggunakan banyak minyak dan santan yang kental,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Anda harus mengutamakan memilih buah untuk makan selingan dan dalam keadaan utuh tanpa menambahkan gula apabila ingin dijus.

“Jangan lupa juga untuk selalu berpikir selalu lakukan aktivitas sekecil apapun saat sesudah makan, sesudah mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau gula, bergerak apabila pekerjaan Anda lebih banyak duduk,” tutupnya.

 

 

Tag : obesitas, berat badan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top