Wanita hamil mengendarai mobil/shespeaks.com
Health

Hamil di Atas Usia 35 Tahun Tingkakan Daya Ingat

JIBI
Jumat, 18 November 2016 - 16:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut beberapa penelitian, hamil di atas usia 30 tahun memiliki risiko kesehatan, baik bagi ibu maupun bayi. Karena itu, kebanyakan wanita memilih menikah muda agar bisa memiliki anak pada usia muda.


Namun, penelitian terbaru menunjukkan hamil di atas usia 35 tahun justru bisa meningkatkan kemampuan memori. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society ini meneliti 830 wanita yang telah menopause mengenai berbagai pengalamannya yang menyangkut reproduksi dan kesehatan seksual.

Hasilnya, wanita yang hamil setelah berusia 35 tahun memiliki asosiasi yang positif pada memori verbalnya. Artinya, mereka lebih mudah mengingat segala sesuatu yang berhubungan dengan kata-kata. Sedangkan wanita yang mengalami menstruasi pertama kali di atas usia 13 tahun memiliki kemampuan berpikir dan berlogika yang lebih baik.

Tidak hanya itu, penelitian ini juga menyimpulkan, mereka yang menggunakan kontrasepsi hormonal lebih dari sepuluh tahun memiliki memori verbal dan fungsi eksekutif otak yang baik.

Walaupun hasilnya positif, penulis hasil laporan tersebut, dokter Roksana Karim, menuturkan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami fenomena ini dan memahami peran umur pada kehamilan pertama dalam fenomena itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro