Ilustrasi/Wowamazing
Health

Periksa Darah Mandiri Cegah Stroke

Rezza Aji Pratama
Jumat, 6 Januari 2017 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda berinisiatif mengukur tekanan darah sendiri? Jika belum, tak ada salahnya untuk mencobanya.

Mengukur  darah secara mandiri akan membantu mendeteksi berbagai penyakit, terutama hipertensi. Apalagi, saat ini banyak alat yang bisa digunakan untuk mengukur tekanan darah secara akurat.

Dokter spesialis jantung Siska Suridanda Danny menjelaskan, memeriksa tekanan darah secara mandiri sangat penting, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko hipertensi. Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan mudah dengan sejumlah alat yang jamak dijual di pasaran.

“Ini membantu sekali memberikan diagnosis hipertensi lebih dini, sehingga bisa cepat ditanggulangi,” ujarnya.

Kendati sudah diperiksa di rumah sakit atau klinik, pemeriksaan mandiri juga perlu dilakukan. Pasalnya, dalam dunia kedokteran dikenal istilah white coat hypertension, yakni kondisi tekanan darah seseorang yang tinggi ketika diukur di depan dokter, tetapi menjadi normal, jika diukur di rumah.

Hal ini lebih disebabkan rasa cemas, ketika berada di rumah sakit yang dapat mempengaruhi hasil tekanan darah.

Siska menjelaskan, pemeriksaan secara mandiri di rumah lebih mencerminkan kondisi sehari-hari. Bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan, pemeriksaan secara mandiri juga membantu penentuan jenis dan dosis obat tertentu. Namun, Siska mengingatkan, pemberian dosis obat dan tata cara pemeriksaan ini tetap harus dikonsultasikan dengan dokter.

Terkait dengan alat yang digunakan, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Siska menuturkan, beberapa orang membutuhkan alat khusus yang sesuai dengan kondisinya.

Kesadaran Masyarakat

Kendati menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat, kesadaran masyarakat terhadap penyakit ini masih minim. Menurut dokter spesialis penyakit dalam  Yuda Turana, pengetahuan masyarakat dan tenaga kesehatan di Indonesia soal hipertensi saat ini masih rendah. Menurut riset, 60% penderita hipertensi justru tidak sadar kalau mereka memiliki penyakit tersebut. Sementara itu, 80% di antaranya tidak mengontrol tekanan darah.

Hipertensi sebenarnya bukan tanpa gejala. Beberapa pengidap penyakit ini biasanya mengalami sakit kepala terutama di bagian belakang pada pagi hari, pusing, vertigo, telinga yang berdengung hingga gangguan penglihatan.

Hipertensi juga menimbulkan sejumlah gejala seperti jantung berdebar-debar, sulit bernapas setelah bekerja keras, mudah lelah, wajah memerah, dan hidung berdarah.

“Hipertensi bisa disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan,” katanya.

Yuda menjelaskan, hipertensi biasanya menyerang pada usia 35 tahun-55 tahun. Hipertensi juga bisa diturunkan secara genetis. Dari faktor lingkungan, faktor yang mempengaruhi antara lain dari sisi makanan, obesitas, dan kondisi penyakit lain seperti diabetes mellitus.

Apa yang paling berbahaya dari hipertensi? Penyakit ini terutama bisa meningkatkan risiko stroke, gagal ginjal, dan gagal jantung. Jika dalam tubuh juga ditemukan kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi, kemungkinan terserang penyakit jantung akan semakin besar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro