Bersama Sahabat karya Riki Antoni/Bisnis Indonesia-Dika Irawan
Show

Menengok Pameran 8 Seniman Muda Indonesia & Malaysia

Dika Irawan
Jumat, 6 Januari 2017 - 16:52
Bagikan

100 Kurawa

Kemudian, menggantung di jendela hotel, ratusan objek-objek aneh. Bentuknya sepintas mirip manusia, sekilas persis umbi-umbian, dan sekelebat serupa tangan-tangan kepiting.

Namun, karya instalasi bertajuk A Hundred Greedy Person milik I Made Widya Diputra ini bercerita tentang 100 kurawa yang memiliki sifat rakus. Dengan bentuknya yang anonim, karya ini tak dapat terhindar dari ragam konotasi yang muncul seperti boneka, dan berbagai sifat serta perilaku manusia.

Pada bagian lain, pengunjung disajikan karya-karya sarat dengan pesan moral. Hal itu terwakili dari dua lukisan karya Riki Antoni yang berjudul My Friend (acrylic on canvas, 100 x 100 cm, 2016) dan The Rider (acrylic on canvas, 100 x 100 cm, 2016).

Kedua lukisan ini bernuansa kekanak-kanakan. Dalam My Ride terlihat sosok anak perempuan di sebuah ladang sedang menenteng keranjang berisi jeruk. Di tempat yang sama, anak perempuan ini ditemani salah satu Minion, karakter dalam film komedi animasi Minions.

Lewat lukisannya ini, Riki hendak berbagi pandangan tentang seberapa penting teman baginya. Di dalam kehidupan nyata, Riki melihat ada berbagai perbedaan di mana-mana, tetapi pertemanan pada akhirnya dapat menghapus seluruh perbedaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro