Ilustrasi/Thefiscaltime
Health

Stres Bikin Wajah Terlihat 2,5 Tahun Lebih Tua

Newswire
Selasa, 14 Februari 2017 - 18:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ahli dermatologi mengungkapkan banyak faktor yang bisa mempercepat penuaan kulit wajah, salah satunya anggapan penuaan kulit baru terjadi setelah usia 30 tahun.

"Kebanyakan dari mereka percaya bahwa proses penuaan kulit wajah baru akan terjadi setelah usia 30 tahun, atau bahkan 40 tahun. Padahal proses penuaan kulit sudah dimulai sejak usia 25 tahun," ujar Dr Eddy Karta di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Selain itu, temuan The Pond's Institute menunjukkan, stres dan kurang tidur juga bisa menyebabkan wajah terlihat 2,5 tahun lebih tua. Stres melemahkan kolagen kulit hingga 70 persen dan meningkatkan resiko munculnya keriput pada kulit.

Faktor lainnya adalah melakukan kegiatan sepanjang hari. Studi menyebutkan, hal ini bisa menyebabkan kulit wajah tampak 2,6 tahun lebih tua dari usia kulit wajah sebenarnya. Lalu polusi udara yang bisa mengurangi elastisitas kulit hingga 20 persen.

Tak hanya udara, matahari juga menjadi penyebab nomor wahid penuaan kulit. Terpapar matahari selama empat jam dapat meningkatkan resiko timbulnya kerutan di kulit wajah dan mempercepat munculnya kekusaman hingga 20 persen.

"Sinar matahari membuat enzim memecah kolagen. Dia (kolagen) akan sembuh tapi enggak sempurna karena terpapar sinar UV lagi. Akhirnya terjadi luka di bawah kulit. Makanya kulit menjadi kasar," kata Eddy.

Hal lain penyebab kulit cepat menua adalah paparan asap ketika memasak. Studi menunjukkan paparan asap ini dapat menyebabkan kerutan terlihat 5-8 persen lebih nyata. Sementara itu, kebiasaan mengonsymsi makanan kurang sehat berkontribusi menyebabkan kulit wajah tampak 1,8 tahun lebih tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro