Ilustrasi/Webmd
Health

5 Kesalahan Yang Sering Ortu Lakukan pada Anak Balitanya

Nindya Aldila
Kamis, 16 Februari 2017 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Menjadi orang tua yang baik tidak selalu berarti memberikan kesenangan untuk anak Anda. Namun, banyak orang tua yang masih salah kaprah dalam membiasakan anak-anak untuk melakukan sesuatu. 

Tanpa melukai mereka, ajarkan mereka tentang kedisiplinan, kemandirian, dan kesabaran. Berikut adalah beberapa hal yang seringkali masih dilakukan orang tua, padahal dampaknya buruk bagi anak. 

1. Tidak konsisten.
Tetapkan waktu mandi, makan, dan bermain bagi anak anda. Lakukanlah setiap hari dengan waktu yang sama. Dengan begitu, anak akan memahami konsekuensinya ketika tidak bisa disiplin. Jika anak anda menolak makan atau tidak mau tidur pada jam yang ditetapkan, diskusikan dengan pasangan anda untuk menentukan waktu yang tepat untuk si kecil melakukan kegiatan lainnya. 

2. Membantu melakukan sesuatu terus menerus.
Selalu membantu untuk menyelesaikan permainan puzzle-nya atau memakaikan pakaian akan membuat anak berpikir dia tidak bisa melakukannya sendiri. Orang tua harus mengajarkan anak-anak untuk berusaha. Berikan mereka semangat ketika mereka berusaha melakukan sesuatu. Ketika si anak sudah mampu menyelesaikan pekerjaannya, maka berikanlah dia pujian. 

3. Hanya memberikan makanan anak-anak di menu mereka.
Apakah anda sering memberikan menu nugget, kentang goreng, atau sosis? Kebanyakan orang tua terlambat menyadarinya. Dengan begitu, anak-anak anda akan menolak makanan lainnya.  Ajarkan anak anda makan apa yang anda dan pasangan anda makan. Dengan begitu, mereka lebih senang mencoba makanan baru. 

4. Memperbolehkan anak menonton TV untuk waktu yang lama.  
Anak yang terlalu banyak menonton TV biasanya akan sulit dalam menerima pelajaran nantinya. Studi di berbagai negara menyatakan bahwa anak di bawah 2 tahun belum bisa menerima apa yang ditayangkan di TV dan lyar komputer. Buat anak anda sibuk untuk membaca dan kegiatan kreatif lainnya. Berbincanglah dengan anak anda dan dengarkan apa yang mereka ceritakan. 

5. Menghentikan kemarahan anak. 
Kebanyakan orang tua takut jika kemarahan anaknya tidak segera dikendalikan akan membuat mereka terlihat menjadi orang tua yang tidak peka. Anda harus sadari, semua anak pasti memiliki saat-saat ingin mengeluarkan emosi mereka. Ketika mereka rewel hingga menangis dan berteriak kencang, percuma anda berbicara dengan mereka, meski itu terjadi di tempat umum. Apa yang harus anda lakukan adalah mengajaknya ke tempat yang tidak banyak orang dan tunggu hingga mereka tenang lalu berikan mereka pelukan yang hangat. Percayalah, perkara anak anda jauh lebih penting dibanding dengan pandangan orang terhadap anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Sumber : Webmd
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro