Virus Zika/Istimewa
Health

Wabah Zika: Apa Yang Harus Diketahui?

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 24 Februari 2017 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Binatang penghisap darah alias nyamuk tentu tidak menjadi teman terbaik.Nyamuk, Aedes aegypti, yang menyebabkan ketakutan meluas di Brazil di mana ia menyebarkan virus Zika yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Seperti yang dilansir dari bbc.com, apa yang harusnya kita ketahui?

1.Garis Abu-Abu

Ini bukan serangga hutan yang tinggal yang jarang datang ke dalam kontak dengan orang-orang. Ini adalah salah satu hewan, seperti kecoa, merpati dan rubah perkotaan, yang tumbuh subur di daerah built-up.

Itu tidak membutuhkan sumber air alami untuk berkembang biak karena dapat bertelur di kolam kecil dan berlimpah air tergenang, seperti selokan atau pot bunga, ditemukan di kota-kota.

Kota-kota seperti Singapura memiliki masalah besar dengan nyamuk.
 Prof Uriel kota Kitron, dari Emory University, mengatakan: "Aegypti benar-benar beradaptasi dengan baik untuk daerah perkotaan.

"Hal ini menjadi lebih dan lebih dari dunia urban dan aegypti berkembang - Brasil adalah contoh ekstrim pergi dari 20% menjadi 80% perkotaan dalam 70 tahun."
Ada juga banyak makanan - kita.

2.Mereka pelabuhan sekelompok penyakit

Zika saat ini mendapatkan semua perhatian, tapi Aedes aegypti telah lama dikenal sebagai nyamuk demam kuning.Demam kuning adalah penyakit virus yang dapat menyebabkan penyakit kuning, perdarahan dan gagal organ multiple dalam beberapa kasus.

Dan 390 juta orang terinfeksi dengan virus dengue setiap tahun, sebagian besar sebagai akibat dari gigitan dari nyamuk Aedes aegypti.Chikungunya, virus lain yang menyebabkan alarm karena memperluas seluruh dunia, juga disebarkan oleh serangga. Mereka melakukannya dengan menggigit seseorang yang terinfeksi dan kemudian menggigit orang lain.

Baik laki-laki dan nyamuk betina makan dari nektar tanaman. Namun, perempuan perlu makan darah untuk menghasilkan telur.Dua sifat membuat mereka sangat baik pada penyebaran penyakit.Pertama mereka makan hampir secara eksklusif pada manusia, jadi jika mereka mengambil penyakit dari satu orang, mereka cenderung menyebarkannya dengan gigitan mereka berikutnya.

It's a lazy hitch-hiker

"Mereka luar biasa hitch-pejalan kaki, tapi mereka selebaran buruk," berpendapat Prof kota Kitron.

Nyamuk yang membawa malaria bisa terbang untuk mil, namun Aedes aegypti cukup malas dengan perbandingan.

Tetap dekat dengan daerah di mana ia lahir dan 100m adalah cara lama untuk itu untuk terbang.

Prof kota Kitron mengatakan: "Tapi mereka baik di menangkap naik, siklus hidup seluruh mereka dapat berlangsung dalam air di perahu."Jadi, meskipun jarak terbang pendek itu telah berhasil menaklukkan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : http://www.bbc.com/news/health-35427491
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro