Ilustrasi/Webmd
Health

Simak Tiga Cara agar Ibu Terhindar Stres

Nindya Aldila
Jumat, 7 April 2017 - 13:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian di Inggris mengungkapkan seorang ibu hanya memiliki waktu me time hanya sekitar 17 menit dalam sehari. Dalam 24 jam setiap ibu begitu sibuk mengurusi urusan keluarganya sehingga kadang mereka merasa lelah dan marah.

Seorang ibu memiliki peranan penting dalam memberikan pengaruh mood kepada keluarganya. Suasana hati ubu yang baik akan dapat memengaruhi semangat keluarga, begitu juga sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara agar seorang ibu tidak lantas kelelahan hingga mengalami stres ketika harus terus-menerus mengurusi tetek bengek urusan keluarganya?

Pertama, mintalah bantuan. Tidak ada salahnya meminta bantuan suami Anda untuk membantu untuk membeli beberapa keperluan rumah tangga di supermarket terdekat, sementara Anda memasak dan mencuci baju di rumah.

Jangan marah-marah ketika Anda komplain dengan suami Anda. Perhatikan nada bicara Anda karena tidak akan ada yang mau mendekati Anda ketika Anda tidak mengutarakannya dengan baik, sehingga Anda tidak akan mendapatkan pertolongan apapun.

Buatlah daftar tanggung jawab yang harus diselesaikan oleh setiap anggota keluarga sehingga pekerjaan Anda jauh lebih mudah. Selain itu, cara tersebut dapat melatih disiplin setiap anggota keluarga.

Kedua, biarkan mereka dengan pikirannya. Anda tidak bisa memuaskan semua orang, bukan? Berpikirlah, apa yang sekiranya bisa membuat Anda menjadi manusia, orang tua, dan pasangan yang bahagia.

Anda akan menyadari bahwa espektasi orang lain terhadap tidak lagi penting. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk membentuk opini orang lain lebih baik Anda fokus terhadap perkara apa yang terbaik untuk keluarga Anda.

Mungkin Anda akan merasa bersalah ketika anak Anda sakit ketika seharian Anda tinggal untuk mengikuti kegiatan wajib di kompleks perumahan Anda, tapi itu bisa menjadi hal yang positif untuk mengajarkan anak memiliki rasa terhubung dengan orang lain.

Ketiga, temukan kegiatan yang Anda senangi. Tentukan waktu beberapa menit atau beberapa jam untuk menghabiskan beberapa bab buku atau menonton drama kesenangan Anda ketika anak Anda melakukan rutinitas bermain atau tidur siang.

Pertahankan me-time Anda. Belajar dari tutorial mekap dari Youtube ketika suami Anda menjaga anak-anak mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan me-time Anda. Dengan begitu, Anda akan terasa lebi relaks tanpa merasa khawatir dengan suami atau anak Anda.

Buatlah hidup Anda jadi lebih mudah sehingga bisa terhindar dari stres dan mendapatkan ruang lebih banyak untuk menentukan kegiatan yang bisa meregenerasi mood Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro