Film-film Lokal Perkaya 'Perpustakaan' Film di Indonesia

Ketua Asosiasi Produser Film Indonesia Fauzan Zidni mengatakan film-film bercerita lokal memberikan manfaat bagi industri perfilman Indonesia. Manfaat tersebut adalah menambah keragaman film-film di Indonesia.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 15 April 2017  |  10:56 WIB
Film-film Lokal Perkaya 'Perpustakaan' Film di Indonesia
Ilustrasi film -

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Asosiasi Produser Film Indonesia Fauzan Zidni mengatakan film-film bercerita lokal memberikan manfaat bagi industri perfilman Indonesia. Manfaat tersebut adalah menambah keragaman film-film di Indonesia.

"Cerita-cerita atau persoalan yang berada di daerah tersebut bisa tersampaikan pesannya lewat film. Cerita daerah tidak sekadar kearifan lokal, tetapi ada cerita lain yang menarik untuk diangkat," katanya, Sabtu (15/4/2017).

Fauzan menuturkan, dengan adanya film-film berlatar lokal dapat menambah daftar cerita perfilman di Indonesia. Sehingga cerita-cerita film di Indonesia tidak melulu berlatarbelakang Jakarta.

"Peluang cukup bagus ke depan karena market film-film lokal ini jelas yaitu masyarakat di mana film tersebut dibuat," katanya.

Lebih lanjut Fauzan mengatakan, sebenarnya ada dua hal yang menarik di iklim perfilman Indonesia saat ini. Bila diaamati beberapa tahun ini, imbuh dia, co-produksi internasional semakin banyak di Indonesia. Di saat yang sama film-film tema lokal mencuat ke publik seperti Uang Panai dan Turah.

"Film-film tersebut diedarkan dalam skala regional. Jadi pasar film di daerah sebetulnya sudah tumbuh. Tetapi juga ada sineas-sineas dari daerah yang akhirnya menggarap cerita-cerita lokal."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top