Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Menghadapi Anak Ketika Orang Tua Bercerai

Perceraian dipastikan berdampak signifikan terhadap anak. Co-Founder Tiga Generasi Anastasia Satriyo membagikan beberapa tips untuk menyelamatkan anak dari dampak buruk perceraian.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 April 2017  |  22:37 WIB
Cara Menghadapi Anak Ketika Orang Tua Bercerai
Ilustrasi anak-anak - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perceraian dipastikan berdampak signifikan terhadap anak. Co-Founder Tiga Generasi Anastasia Satriyo membagikan beberapa tips untuk menyelamatkan anak dari dampak buruk perceraian orang tua.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perceraian bisa memengaruhi tumbuh kembang anak, seperti depresi, menurunnya prestasi akademik, dan kehidupan sosialnya. Sebaiknya, pasangan yang memutuskan bercerai tetap merencanakan masa depan bersama agar anak-anak bisa tumbuh tanpa merasa kehilangan perhatian dari orang tuanya.

Demi tumbuh kembang anak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua yang berpisah. Pertama, berikan waktu pada anak untuk melakukan penyesuaian suasana yang baru. Waktu yang diperlukan tentu akan sangat bergantung pada kondisi emosi anak. Jangan menunda untuk menjelaskan karena anak butuh persiapan.

Pada saat penyesuaian ini, komunikasikan kepada anak bahwa Anda dan pasangan Anda tidak lagi bisa bersama dan tekankan kepadanya bahwa Ayah dan ibunya tidak akan pernah berubah untuk memberi kasih sayang seperti orang tua lainnya.

“Anak hanya bisa mengerti hal-hal konkrit, tetapi cerita anak bisa membantu agar anak bisa menagkap maksudnya. Misalnya, dengan contoh cerita keluarga kelinci yang ayah dan ibunya tidak tinggal bersama, tapi semua sayang dengan anak kelinci,” ujar Anas.

Kedua, atur waktu yang rutin untuk bertemu dengan ayah atau ibunya agar memberikan pengalaman layaknya keluarga normal, misalnya, setiap dua pekan sekali atau pada tanggal tertentu. Dengan begitu, anak mendapatkan bukti bahwa orang tuanya masih memperhatikannya.

Ketiga, ajarkan kepada anak Anda untuk tetap menghargai ayah atau ibunya, meski sudah tidak tinggal bersama karena bagaimana pun tidak akan ada yang bisa memutuskan tali hubungan antara anak dan orang tua kandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cerai anak-anak
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top