Ilustrasi pasangan suami istri yang langgeng sampai jadi kakek-nenek/Freepik
Relationship

Tips Cinta, 11 Rahasia Pernikahan Langgeng Tanpa Bercerai

Novita Sari Simamora
Kamis, 1 Februari 2024 - 17:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi pasangan suami istri yang ingin panjang umur dan hidup bahagia bersama pasangan, maka bisa mencoba beberapa tips pernikahan di bawah ini.

Dilansir dari Very Well Mind, Kamis (1/2/204), bila telah menikah, maka jangan pernah lelah untuk tetap jatuh cinta dengan pasangan dan memaklumi segala kekurangannya. Saling memahami dan mengerti akan membuat hubungan Anda baik.

Simak tips pernikahan agar langgeng dan terhindar dari perceraian:

1. Berkomitmen pada Hubungan Anda

Saat menjalani masa-masa sulit, tidak jarang orang mulai berpikir bahwa rumput tetangga mungkin lebih hijau. Namun, pemikiran tersebut dapat membuat tekanan besar pada hubungan Anda.

Untuk mengatasi risiko terhadap hubungan Anda, maka putuskan terlebih dahulu bahwa perceraian bukanlah suatu pilihan. Membuatlah komitmen yang akan membantu Anda fokus untuk memperkuat hubungan pernikahan, daripada mencari solusi untuk bercerai.

2. Maafkan dengan Cepat

Pernikahan sering kali mulai berantakan ketika salah satu pihak menyimpan dendam. Penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan jijik terhadap pasangan hampir selalu membusuk dan dapat berujung pada perceraian jika tidak pernah terselesaikan.

“Memaafkan adalah salah satu hal terpenting dan juga salah satu hal tersulit yang harus dilakukan pasangan,” kata Aura De Los Santos, psikolog klinis dan pendidikan di NCHC.

Ketika pasangan saling memaafkan, mereka dapat bergerak maju karena pengampunan adalah jendela yang memungkinkan mereka melihat ke masa depan dan tidak terjebak dalam situasi yang menyakiti.

Cobalah untuk memaafkan pasangan Anda secepat mungkin. Ingatlah bahwa pengampunan juga merupakan hadiah yang Anda berikan pada diri Anda sendiri. Menyimpan dendam pada pasangan, maka bisa mengganggu kondisi mental dan membuat stres Anda.

3. Bersedia untuk Meminta Maaf

Jika Anda telah berbuat salah pada pasangan Anda, maka minta maaflah dengan tulus dan minta maaf padanya. Dengarkan apa yang mereka katakan dan cobalah memahami mengapa mereka kesal.

4. Hargai dan Hormati Pasangan Anda

Manusia pasti akan berubah seiring berjalannya waktu. Memahami, menghargai, dan beradaptasi terhadap perubahan tersebut sangat penting dalam hubungan apa pun.

Mulailah dengan membuat daftar kualitas terbaik pasangan Anda untuk mengingatkan diri Anda tentang orang luar biasa yang Anda nikahi. Latihan ini akan membantu Anda mengingat alasan pertama Anda jatuh cinta padanya.

5. Berkomunikasi Secara Teratur

Di era ponsel pintar, Netflix, dan gaya hidup bekerja dari rumah, perhatian kita mudah teralihkan. Anda mungkin menyadari bahwa Anda sering melewatkan hari-hari tanpa melakukan percakapan nyata dengan pasangan Anda.

6. Bagikan Harapan Finansial

Banyak pernikahan yang penuh dengan perselisihan mengenai keuangan. Pasangan sering kali mempunyai ekspektasi yang berbeda mengenai uang dalam suatu hubungan. Masing-masing pasangan mungkin kesulitan melihat situasi keuangan dari sudut pandang orang lain.

Sepakatilah bagaimana Anda dan pasangan mengelola keuangan. Bebas dari utang merupakan harapan dari banyak pasangan yang ingin memiliki pernikahan yang sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro