Menstruasi/boldsky.com
Health

Kemenkes Gelar Seminar Manajemen Kebersihan Menstruasi

Ramdha Mawaddha
Jumat, 26 Mei 2017 - 21:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia, Kementerian Kesehatan Republik Ondonesia menggelar seminar dan temu media membahas tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), Jumat (26/5).

Tahun ini kali pertama di Indonesia turut diperingati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia yang jatuh pada 28 Mei. Tanggal 28 dipilih berdasarkan siklus menstruasi perempuan yang lazimnya selama 28 hari. Sedangkan bulan 5 dipilih karena lamanya menstruasi wanita biasanya lima hari.

"Ini adalah arahan secara global dan baru pertama kita laksanakan tahun ini," kata Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes, Eni Gustina.

Kurangnya pengetahuan masyarakat terutama remaja mengenai MKM menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenkes. Disebutkan Eni, sebuah penelitian membuktikan jika 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama satu hari atau lebih, pada saat mereka mengalami menstruasi.

Tak hanya itu, buruknya fasilitas dan sanitasi bagi perempuan, juga masih menjadi kendala penerapan MKM ini. Terutama di Sekolah Dasar, baik jamban maupun fasilitas air bersih, masih banyak yang belum terpenuhi. Sebagaimana rasio idealnya, 1 jamban atau toilet untuk 30 anak.

"Datanya, sekitar 30% sekolah tidak memiliki jamban," kata Eni.

Selain terkait MKM, sejak disahkannya Inpres No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), presiden telah emmerintahkan kepada gubernur dan pemerintah daerah untuk memfasilitasi Germas, termasuk penyediaan air dan jamban sehat. “Dia [pemerintah daerah dan provinsi] mesti menjamin anak bisa mendapatkan pendidikan dan kesehatan sesuai standar,” kata Eni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro