Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan Meningkatkan Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 12 Juni 2017  |  17:16 WIB
Ilustrasi penderita prostat - Istimewa
Ilustrasi penderita prostat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali.

Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulangdan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Jumlah penderita kanker prostat sangat bervariasi di dunia, namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan, sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang di pria Asia dan paling sering terjadi di kalangn orang hitam, dan orang Eropa.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat adalah usia, ras, riwayat keluarga (faktor keturunan), hormon, dan pola makan. Risiko menderita kanker prostat ditemukan meningkat pada pria kulit putih dengan usia  lebih dari  50 tahun atau pria kulit hitam dengan usia  lebih dari 40 tahun.

Berikut makanan yang bisa meningkatkan risiko kanker prostat seperti dikutip dari Boldsky.com:

1.Daging Merah

Mereka yang mengonsumsi lebih banyak daging merah memiliki peluang lebih tinggi terkena kanker prostat. Saat daging dimasak pada suhu tinggi, ada reaksi kimia internal yang terjadi. Ini menciptakan zat kimia yang meningkatkan tampilan bahan kimia mirip prostat dalam daging. Inilah salah satu makanan yang bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Makanya, disarankan untuk membatasi asupan konsumsi daging merah hingga 3 ons porsi per minggu.



2. Susu

Konsumsi susu diketahui menurunkan 1,25-dihydroxyvitamin D3. Molekul ini diketahui secara aktif melindungi pria terhadap perkembangan sel kanker prostat.



3. Suplemen Seng

Sesuai dengan studi 'Novel Role OF Zinc In The Regulation Of Prostate Citrate Metabolism And Its Implication In Prostate Cancer', pria tidak boleh mengonsumsi lebih dari 100 mg seng. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan mereka didiagnosis menderita kanker prostat.




4. Alkohol

Mengonsumsi lebih dari 20 gelas alkohol per minggu dapat meningkatkan kemungkinan Anda didiagnosis menderita kanker prostat. Jadi Anda harus membatasi konsumsi alkohol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prostat
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top