Fashion

Arsitek Korea Gugat Firma Arsitektur AS Soal Desain One Trade Center

Dika Irawan
Jumat, 16 Juni 2017 - 15:10
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA – Seorang arsitek kelahiran Korea menggugat firma arsitektur besar di Amerika Serikat soal desain Manhattan One Trade Center di New York karena diduga memiliki kesamaan mencolok dengan menara yang dirancangnya pada 1999.

Arsitek bernama Jeehoon Park itu mengalamatkan tuduhan tersebut kepada firma arsitektur Skidmore, Wongs & Merril. Park menganggap klaim firma tersebut terhadap desain One World Trade Centre untuk 104 lantai dengan tinggi 1.776 kaki atau 541 meter termasuk puncak menara tidak benar.

Dalam tuntutan hukum yang diajukan ke pengadilan federal di Manhattan, Park yang kini menjabat Presiden Qube Architecture LLC di Suwanee, Georgia, menyatakan bahwa One World Trade Center menyalin 122 halaman rancangan karyanya Cityfront '99 yang memiliki bentuk tegak sempit dan segitiga terbalik.

Park, warga A.S. yang dinaturalisasi ini, beralasan bahwa dia mendaftarkan telah Cityfront '99 dengan Kantor Hak Cipta A.S. pada tanggal 9 Mei. Atas kejadian ini, dia mencari ganti rugi yang belum ditentukan karena merasa praktik arsitekturalnya telah dirusak.

Sementara itu Skidmore tidak segera menanggapi persoalan tersebut. Mereka menolak memberikan komentar.

Park, yang menerima gelar teknik di Seoul, mengatakan, Cityfront '99 diciptakannya saat mendapatkan gelar masternya di bidang arsitektur dari Illinois Institute of Technology.

Park juga mengatakan, Cityfront '99 muncul dalam sebuah adegan dari film "The Lake House" tahun 2006, yang dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock, yang difilmkan di lobi gedung Chicago tempat Skidmore memiliki sebuah kantor.

"Dia hanya ingin diperlakukan secara adil. Klien kami terus terang tidak tahu apa hak hukumnya sampai dia datang kepada kami,” kata Dant Kent, pengacara Park seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/6/2017).

kata Dan Kent, seorang pengacara Park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro