Sejumlah wisatawan berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). /Antara
Travel

Investasi Rp12,5 Triliun, Jokowi Segera Resmikan KEK Mandalika

Edi Suwiknyo
Jumat, 20 Oktober 2017 - 09:19
Bagikan

Bisnis.com, LOMBOK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

KEK Mandalika adalah salah satu destinasi wisata yang sedang dibangun pemerintah. Kawasan ini rencananya akan mereplikasi kawasan Nusa Dua, Bali yang sudah terlebih dahulu dibangun.

Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Bidang Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan sejumlah infrastruktur terus dikebut untuk mendukung kawasan, termasuk 10.000 kamar dan sirkuit yang rencananya berada di kawasan tersebut.

"Penataan di dalam nanti menjadi tanggung jawab Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sedangkan yang di dalam menjadi tanggungjawab pemerintah," ujar Wahyu di KEK Mandalika, Jumat (20/10/2017).

Adapun, menurut Wahyu, nilai investasi di kawasan tersebut sekitar Rp12,5 triliun. Sejauh ini ada 15 investor besar yang tertarik untuk berinvestasi.

Berdasarkan catatan Bisnis, sejak ITDC melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif di zona inti kawasan, sedikitnya ada 10 unit usaha baru berbentuk homestay, restoran, cafe, dan toko retail memulai usaha di zona barat kawasan.

Jumlah ini diyakini masih akan bertambah sejalan dengan kegiatan pengembangan kawasan dan proyek yang berlangsung.

Secara bertahap, diyakini dalam 5 tahun ke depan, KEK Mandalika diperkirakan akan mampu menyerap hampir 5.000 tenaga kerja lokal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro