Jokowi Mantu : Bobby-Kahiyang Jalani Prosesi Tepung Tawar

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Afif Nasution akan menjalani prosesi tepung tawar sebagai penyambutan pengantin yang tiba di Medan pada hari ini, Minggu (19/11).
Siti Munawaroh | 19 November 2017 14:25 WIB
Owner Focus Wedding Planner, Muhammad Ozzy (tengah) memberikan penjelasan kepada para wartawan di media center pernikahan NBobby-Kahiyang di Medan, hari ini. Bobby-Kahiyang akan menjalani prosesi tepung tawar sebagai penyambutan kedatangan pengantin tersebut di Kota Medan - Bisnis.com/Siti Munawaroh

Bisnis.com, MEDAN – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Afif Nasution akan menjalani prosesi tepung tawar sebagai penyambutan pengantin yang tiba di Medan pada hari ini, Minggu (19/11).

Prosesi tepung tawar menjadi bagian dari acara Haruan Boru [menerima kedatangan pengantin] yang sesuai adat suku Mandailing.

Owner Focus Wedding Planner, wedding organizer yang dipercaya mengurusi resepsi Bobby-Kahiyang, Muhammad Ozzy, mengatakan setibanya di kota Medan, pasangan pengantin Bobby-Kahiyang akan menjalani prosesi tepung tawar sebagai penyambutan kedatangan mereka.

“Untuk hari ini agendanya upacara tepung tawar sebagai penyambutan pengantin. Adapun upacara adat pemberian marga akan dilakukan pada Selasa (21/11) pagi sekitar pukul 08.00 di rumah Bapak Doli Sinomba Siregar [kakak dari ibunda Bobby Afif Nasution],” ujar Ozzy kepada wartawan di media center Pernikahan Bobby-Kahiyang di Medan, hari ini, Minggu (19/11).

Dalam kesempatan sama, Tim Media Center Pernikahan Bobby-Kahiyang, Dedy Armaya menambahkan akan ada lima raja yang mengikuti prosesi pemberian marga untuk Kahiyang. Marga Siregar diberikan sesuai dengan marga yang menempel pada ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.

“Prosesi ini bertujuan untuk beberapa hal, misalnya menjelaskan adat keturunan [kepada Kahiyang], perkawinan yang menyatu dua adat Jawa dan Mandailing, bersifat seperti pengabdian dan penghormatan.

Lebih lanjut Ozzy mengungkapkan setelah pemberian marga Siregar pada Selasa (21/11), acara dilanjutkan dengan pesta adat pada Jumat- Sabtu (24-25 November) dan resepsi umum pada Minggu (26/11).

Untuk rangkaian pesta adat, di antaranya pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, siding adat, dan manortor tahap dua.

“Lebih kurang ada sekitar 10 kerbau untuk pesta adat itu. Adapun konsep dekorasi pada acara resepsi adalah perdesaan, dengan dominasi warna krem dan hijau. Untuk souvenir dari Medan, bentuknya apa? nanti akan kami update,” imbuh Ozzy

Lebih lanjut Ozzy mengungkapkan untuk resepsi pernikahan di Medan, setidaknya ada 17 vendor dengan jumlah personil sebanyak 500 orang, yang dilibatkan oleh wedding organizer dalam acara tersebut. Adapun jumlah undangan yang disebar dalam resepsi ini mencapai 2.000 undangan.

“Khusus untuk warga komplek di perumahan Bobby yakni Bukit Hijau Regency nantinya akan menggunakan kartu pengenal [ID card],” tukas Ozzy yang mengaku resmi ditunjuk sebagai WO resepsi pernikahan Bobby-Kahiyang di Medan pada sekitar Juni lalu.

Perhelatan ngunduh mantu Bobby Afif Nasution dengan putri Presiden Joko Widodo diperkirakan diliput oleh sebanyak 500 jurnalis dari berbagai media, baik lokal, nasional hingga media luar negeri.

“Ada 500 jurnalis dari berbagai media yang sudah kita sampaikan ke Kodam dalam hal ini Pengdam untuk diverifikasi lanjut, termasuk media asing di antaranya jurnalis dari AFP. Mereka antusias meliput cara ini dan melihat langsung bagaimana prosesi dengan menggunakan adat Mandailing,” ujar Dedy.

Presiden Joko Widodo diperkirakan akan hadir di Medan sejak 24 November untuk mengikuti proses adat pemberian marga Siregar untuk putrinya hingga resepsi pernikahan.

Tag : Presiden Jokowi Mantu
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top