Transaksi Online Senin dan Fesyen Jadi Tren Kaum Milenial

Generasi milenial erat kaitannya dengan dunia online. Hampir semua aktivitasnya berkaitan dengan itu termasuk belanja. Kebiasaan mereka belanja online pada akhirnya membentuk perilaku-perilaku tertentu yang khas.
Dika Irawan | 09 Februari 2018 17:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Generasi milenial erat kaitannya dengan dunia online. Hampir semua aktivitasnya berkaitan dengan itu termasuk belanja. Kebiasaan mereka belanja online pada akhirnya membentuk perilaku-perilaku tertentu yang khas.

Berdasarkan data Shopee, disebutkan milenial memiliki kecenderungan tertentu ketika belanja online. Antara lain, metode pembayaran paling favorit dilakukan melalui ATM/ Transfer bank, transaksi paling banyak dilakukan setiap hari Senin di tanggal muda, waktu akses tertinggi terjadi pukul 11.00 - 14.00 dan 18.00 - 19.00, jumlah live-chat meningkat 80% di jam aktif, top kategori didominasi fashion wanita, perawatan & kecantikan, dan fashion muslim, dan kategori paling meningkat antara lain tas pria, otomotif, dan elektronik.

Pengaruh milenial ini juga sejalan dengan peningkatan penetrasi Internet dan akses melalui smartphone di Indonesia. Hingga akhir Oktober 2017, 95% akses Shopee dilakukan melalui aplikasi mobile. Menurut data McKinsey 2017, Indonesia disinyalir akan menjadi negara m-commerce terbesar ketiga di dunia.

Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia mengatakan, pihaknya merasakan betul pengaruh milenial. Di internal sendiri, karyawan Shopee rata-rata berusia 25 tahun. Selain itu, lebih dari 70% penjualnya berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, jumlah pengguna milenial meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dengan generasi milenial sebagai pembawa perubahan bagi dunia digital dan merupakan salah satu penggerak utama di industri e-commerce, hal ini menjadi semakin penting dan efektif untuk terlibat bersama mereka, untuk menumbuhkan e-commerce di Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis hari Jumat (9/2/2018).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), populasi generasi milenial mencapai 32% dari total keseluruhan populasi. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat hingga menjadi 50-60 persen di tahun 2020 mendatang, menurut Yoris Sebastian dari OMG Consulting.

Tag : belanja online, generasi milenial
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top