Ilustrasi kanker/Istimewa
Health

Penderita Meningkat, Kenali 6 Jenis Kanker pada Anak & Gejalanya

Yoseph Pencawan
Minggu, 18 Februari 2018 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kasus kanker anak seringkali ditemukan dalam stadium lanjut.

Padahal dengan mewaspadai tanda dan gejala yang mudah dikenali, kanker anak dapat ditemukan dalam stadium yang lebih dini sehingga dengan penanganan yang tepat, dapat disembuhkan.

Karena itu penting bagi orang tua untuk mengenali gejala-gejala dan jenis-jenis kanker yang bisa menyerang anak, khususnya di Indonesia.

Menurut Prof.dr.H. Abdul Kadir, Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais, jenis-jenis kanker anak yang sudah dapat diidentifikasi di Indonesia yakni Leukimia, Retinoblastoma, Neuroblastoma, Limofa Maligna, Osteosarkoma dan Karsinoma Nasofaring.

Pada Leukimia, paparnya, gejala-gejala yang dialami pada anak berupa pucat, demam tanpa sebab yang jelas, pendarahan kulit, nyeri tulang dan lesu.

Sedangkan gejala pada Retinoblastoma a.l. juling, manik mata putih, mata merah, kornea mata membesar, peradangan jaringan bola mata serta penglihatan buram.

Pada Neuroblastoma, gejala-gejalanya berupa kebiruan sekitar mata dan benjolan di perut. Sementara kanker Limofa Maligna dapat ditandai dengan benjolan (lebih dari 2 cm) tanpa rasa nyeri dan cepat membesar, sesak nafa, demam serta lemah dan lesu.

Adapun gelaja-gejala kanker Osteosarkoma dapat berupa nyeri tulang (malam hari) setelah aktivitas serta pembengkakan, kemerahan dan terasa hangat di lokasi nyeri.

Kemudian terjadinya patah tulang setelah aktivitas rutin, bahkan tanpa trauma, serta gerakan terbatas pada bagian yang terkena kanker.

Selanjutnya kanker Karsinoma Nasofaring yang bergejala ingus campur darah, mimisan dan hidung tersumbat. Kemudian telinga terasa penuh, berdengung serta nyeri pada telinga. Gejala lainnya adalah penglihatan ganda dan pembesaran kelenjer getah bening di leher.

"Seandanya orang tua curiga anaknya menderita kanker dengan gejala-gejala tersebut, saya mohon dengan cepat dibawa ke rumah sakit, puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya.

Jangan menganggap enteng, jangan meremehkan gejala-gejala suatu penyakit karena mungkin saja gejala awal itu adalah gejala penyakit kanker, khususnya pada anak-anak," kata dr. Abdul Kadir.

Saat ini, kanker sudah menjadi masalah dan di seluruh dunia, termasuk di Korea dan Jepang, penyakit tersebut sudah menjadi penyebab kematian nomor 1, begitu juga pada anak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro