Band blues Gugun Blues Shelter tampil bersama pemain organ Tony Monaco pada gelaran BNI Java Jazz Festival 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (4/3/2018)./Bisnis.com-Ilman A. Sudarwan
Musik

Duet Maut Gugun Blues Shelter dan Tony Monaco Hibur Penonton di BNI Java Jazz Festival 2018

Ilman A. Sudarwan
Minggu, 4 Maret 2018 - 22:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Band blues Gugun Blues Shelter berhasil memberikan warna berbeda pada gelaran BNI Java Jazz Festival 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (4/3/2018). Mereka menampilkan permainan southern blues ala Stevie Ray Vaughan di panggung Kopi Kapal Api Hall.

Gitaris sekaligus vokalis mereka Gugun berkali-kali memukau penonton dengan permainan solonya yang cepat dan gahar. Suara gitar Fender Stratocaster yang kering terdengar renyah berpadu dengan ketukan drum dan betotan bass dari Fajar Nugroho Bowie.

Mereka membawakan lagu-lagu mereka seperti 'Soul on Fire' dan 'It's Time to Rule the World'. Ketika bermain, Gugun beberapa kali memejamkam matanya dan terhanyut dalam kenikmatan permainannya sendiri.

Memasuki pertengahan pertunjukan Gugun mengundang pemain organ Tony Monaco ke atas panggung. Kehadirannya langsunh disambut Gugun dengan penampilan duel di atas panggung. Permainan gitar eksplosif nan bertenaga dari Gugun berpadu dengan permaian Monaco yang ekspresif.

Suara organ Hammond B-3 Monaco yang khas Chitlin Circuit memberikan nuansa berbeda pada lagu-lagu Gugun Blues Shelter selanjutnya. Mereka berkolaborasi dalam 'Hitam Membiru', 'So Lonely', dan 'Mission'.

Selain itu, mereka juga berkolaborasi dalam lagu 'She's Sweet Looking Woman'. Lagu ini, jelas Gugun adalah lagu terbaru mereka yang belum pernah ditampilkan di manapun sebelumnya.

"Lagu baru ini akan dirilis dalam format digital pada akhir bulan [Maret] nanti," imbuhnya.

Duet Maut Gugun Blues Shelter dan Tony Monaco Hibur Penonton di BNI Java Jazz Festival 2018

Penampilan Monaco dalam panggung kolaborasi di BNI Java Jazz Festival kali ini adalah penampilan ketiganya. Sebelumnya dia tampil pada hari kedua dalam panggung kolaborasi bersama  gitaris jazz Oele Pattiselano, dan drummer Cendy Luntungan.

Dia mengawali kariernya sebagai oemain organ untuk sebuah klab jazz di Colombus, Ohio, Amerika Serikat. Dia kemudian mendapatkan kesempatan untuk bermain di klab jazz milik Jimmy Smith. Dari sana kariernya mulai bersinar.

Dalam beberapa tahun terakhir dia menyelenggarakan tur keliling dunia bersama gitaris jazz Pat Martino. Bersama Martino, dia juga telah mengeluarkan beberapa album rekaman.

Sampai saat ini, Monaco setidaknya telah mengeluarkan 8 album rekaman yang dirilis secara internasional. Selain itu, dia juga dikenal sebagai pengajar musik secara online. Dia mengembangkan pola pendidikan musik personal berbasis online.

Gaya bermusiknya sering diasosiasikan denhan permainan musik swing. Namun, dia menyebut dirinya sebagai musisi jazz klasik.

Sementara itu, Gugun Blues Shelter atau yang sering disingkat GBS adalah grup musik blues yang terbentuk pada 2004. Sebelumnya mereka tampil dalam formasi Gugun (gitar dan vokal), Jono (bass), dan Iskandar (drum).

Pada 2007 mereka merilis album berjudul  'Turn it On' dan berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Album Blues Terbaik Indonesia versi majalah musik Rolling Stone Indonesia. Sang gitaris, Gugun juga pernah didaulat sebagai gitaris terbakk se-Asia Tenggara versi majalah MTV Trax di tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro