Ilustrasi/Thelinenfactory
Fashion

Tempat Tidur Tingkat Solusi Kamar Efisien

Newswire
Rabu, 7 Maret 2018 - 19:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tempat tidur tingkat bunk bed menjadi solusi tepat untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang pada kamar anak agar lebih efisien.

Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) Lea Aziz mengatakan pemanfaatan ruang yang efisien harus mempertimbangkan siapa yang menggunakan kamar, contohnya pada kamar anak disarankan menggunakan tempat tidur tingkat.

"Misalnya hanya ada dua kamar, untuk anak-anak bisa memakai 'bunk bed', di bawahnya bisa ditempatkan laci baju dan lemari yang dirapatkan ke dinding," kata Lea, Rabu.

Menurutnya, kamar yang efisien tidak harus besar, namun memiliki ruang yang cukup untuk keluar dan masuk. Ada pun kamar yang efisien setidaknya memiliki luas 3x3 meter dengan menghitung panjang ukuran standar tempat tidur sebesar 2 meter.

Sisanya sekitar 1 meter untuk ruang gerak penghuni ketika terjadi bencana, seperti kebakaran dan gempa bumi.

"Kalau terlalu sempit kurang baik untuk 'safety', bagaimana ketika kebakaran akan lompat karena ruangnya terlalu kecil," katanya.

Dia menambahkan pemilik rumah harus mempertimbangkan penggunaan warna netral atau yang tidak mencolok pada kamar, seperti cokelat, putih, krem dan warna pastel lainnya.

Selain itu, penghuni juga perlu menghindari penggunaan lampu neon fluorescent. Selain dapat menimbulkan kesan kamar lebih kotor, lampu neon tidak terlalu nyaman untuk mata. Pemilik kamar sebaiknya menggunakan lampu pijar berwarna kuning.

"Pencahayaan itu penting, efeknya luar biasa. Lebih baik memakai lampu pijar, terutama di bagian penempatan komputer. Lampu pijar bisa mengurangi radiasi sehingga lebih nyaman di mata," kata Lea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro