Bayi/Istmewa
Health

Cuti Melahirkan Untuk Ayah, Begini Manfaatnya Kata Psikolog

Asteria Desi Kartika Sari
Senin, 12 Maret 2018 - 21:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Sudah menjadi hal yang lumrah ketika ibu bekerja mengambil cuti sebelum dan sesudah melahirkan. Namun, cuti melahirkan bukan hanya penting bagi ibu, melainkan juga bagi ayah. Pasalnya ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika ayah cuti saat ibu melahirkan.

Tentunya, calon ibu perlu dukungan semangat supaya yakin dapat menjalani proses persalinan dengan lancar. Begitu juga setelah melahirkan, kondisi fisik ibu tidak dapat langsung pulih dan kuat.

Psikolog Klinik Universitas Indonesia Pustika Rucita mengatakan, dinilai dari sisi psikologis penting jika suami meperoleh cuti sebelum dan sesudah istri melahirkan. Tujuannya, supaya suami dapat memberikan dukungan kepada istri.

“Lebih banyak porsi untuk menemani ibu yang juga sedang menyesuaikan diri dengan kelahiran anaknya, dapat berbagi tugas bersama ibu sehingga dapat meringankan tugas ibu,” kata Cita kepada Bisnis, dikutip Senin(12/3/2018).

Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila suami bisa mendampingi istri untuk membantu mengurus bayi dan memberikan dukungan kepada istri lebih leluasa. Suami, dalam hal ini juga dapat melatih kemampuan sehingga bisa membiasakan diri untuk terlibat dalam pengasuhan.

“Ini juga akan mengasah skill sebagai seorang ayah sejak dini,” ujarnya.

Artinya, cuti suami bukan hanya penting untuk istri namun juga bagi anaknya. Pasalnya, apabila seorang ayah meluangkan waktu lebih untuk anaknya pun dapat membentuk kedekatan yang lebih dalam dengan anak.

Anak bisa mengerti bahwa pengasuh utamanya bukan hanya ibu tetapi juga sang ayah. Selain itu, ketika anak memiliki hubungan yang lekat dengan ayahnya ada dampak positif yang bisa dirasakan anak, seperti rasa percaya diri.

“Jadi ada baiknya calon ayah cek ke perusahaan masing-masing agar tahu aturannya [cuti melahirkan untuk ayah],” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro