Upaya Jadikan Modest Fashion Jadi Tren Global

Potensi modest fesyen atau busana sopan dan tertutup semakin tinggi untuk pasar global. Bahkan tidak hanya untuk kaum muslim, atau wanita dengan hijab, modest fesyen diharapkan dapat menjadi tren bagi pasar yang lebih luas.
Asteria Desi Kartika Sari | 22 Maret 2018 06:42 WIB
Empat desainer Indonesia bersama karya busana yang akan dipamerkan di Dubai Modest Fashion Week 2017 yang ditampilkan dalam sesi konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2017). - Bisnis.com/ Ramdha Mawaddha

Bisnis.com, JAKARTA-- Potensi modest fesyen atau busana sopan dan tertutup semakin tinggi untuk pasar global. Bahkan tidak hanya untuk kaum muslim, atau wanita dengan hijab, modest fesyen diharapkan dapat menjadi tren bagi pasar yang lebih luas.

Chief Creative Officer EBW World Wide Stevy Giani Sela mengklaim angka pembelanjaan modest fashion di seluruh cukup besar. Dia menyampaikan angkanya mencapai 11 persen dari total sekitar US$ 258 milliar belanja fesyen.

"Untuk angka sebesar itu, 11 persen lumayan signifikan dan terus tumbuh," kata Stevy.

Menurut Stevy karakter modest fashion sendiri masih berbeda-beda di setiap negara. Misalnya di Indonesia, modest fashion seringkali digambarkan sebagai koleksi baju muslim yang seringkali memiliki detail baju yang berangkap, tebal, dan ciri khas lainnya.

Sedangkan di negara yang penduduknya bukan muslim, misalnya Inggris, modest fashion cenderung lebih sederhana. "Bahkan kemeja longgar yang dipadukan dengan bawahan seperti celana atau rok saja sudah bisa masuk ke kategori modest fashion," katanya.

Atas dasar tersebut, EBW World Wide kemudian berinisiatif menyelenggarakan Modest Fashion Summit untuk menyatukan para desainer modest wear dengan para stakeholder lainnya.

Melalui acara tersebut, Brand dan desainer lokal kemudian memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengenalkan labelnya ke bursa mode internasional.Dengan pasar modest fashion yang berbeda di setiap negara, diharapkan momentum ini bisa memersatukan semuanya serta saling membangun jejaring untuk meningkatkan bisnis.

"Kami berharap lewat satu platform ini semuanya jadi satu. Jadi kalau kita pusatkan semuanya, trennya bisa diketahui. Tapi kalau sekarang masih susah kemana," ujar Stevy.

Di Indonesia, Modest Fashion Summit akan diselenggarakan di Jakarta pada 17-19 Oktober 2018.

Tag : fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top