Keindahan Cendrawasih Papua dalam Tarian "King"

Galeri Indonesia Kaya hadir dengan tema Panggung Ruang Kreatif yang mempersembahkan karya seni dari 10 Kelompok Seni Terpilih program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia.
Mia Chitra Dinisari | 01 April 2018 09:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Indonesia Kaya hadir dengan tema Panggung Ruang Kreatif yang mempersembahkan karya seni dari 10 Kelompok Seni Terpilih program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia.

Hari ini, pertunjukan tari berjudul King persembahan kelompok seni asal Papua, Maha Dance menghibur penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya.

“Seperti yang kita ketahui, Papua menyimpan ragam kekayaan yang berlimpah. Mulai dari alam, budaya, hingga flora dan fauna. Salah satunya Cendrawasih yang menjadi simbol Papua yang memiliki bulu yang indah.

Berasal dari Papua, Maha Dance menampilkan keindahan burung Cendrawasih dalam tarian kontemporer yang tetap mengedepankan unsur budaya nusantara di depan penikmat seni yang hadir di Galeri Indonesia Kaya," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation dalam siaran persnya.

King persembahan Maha Dance merupakan gambaran dari keindahan burung Cendrawasih dan wujud dari keresahan akan kepunahan burung Cendrawasih. Terinspirasi dari gerak perkawinan burung Cendrawasih, tarian yang diciptakan oleh Maharani Ayu ini menampilkan tujuh penari, yaitu Anjar Noak Msen, Griece Martha Deda, Melfritin Waimbo, Fachry D Matlawa, Frans Junias Juganza, Ahmad Nur, Rudy L Karel Mandosir.

Meskipun memiliki latar belakang tari yang berbeda, ketujuh penari ini mampu menggabungkan energi dan perasaannya dalam pertunjukannya hari ini.

Berangkat dari keprihatinan terhadap keberadaan burung Cendrawasih yang kian lama kian terancam, pertunjukan ini juga merujuk pada eksplorasi dari gerak alami burung Cendrawasih dan pengembangan beberapa gerak tradisi Papua.

"Sangat disayangkan ketika hewan yang menjadi ikon daerah kami terancam punah, karena adanya perburuan dan eksploitasi. Karya ini merupakan sebuah pesan singkat untuk kita sebagai generasi muda penerus bangsa, untuk bersama-sama menjaga keindahan alam, termasuk makhluk hidup yang ada di dalamnya," ujar Maharani Ayu, Koreografer dalam pertunjukan King pada sore hari ini.

Maha Dance merupakan salah satu kelompok seni terpilih dalam Program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia yang digagas oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan Garin Workshop. Berasal dari Papua, Maha Dance didirikan tahun 2015 oleh Maharani Ayuk Listyaningrum alumni ISI Surakarta.

 

Tag : papua
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top