Sehatkah Mengonsumsi Nasi Goreng untuk Sarapan?

Hidangan ini terbilang mudah dibuat dan bahan-bahannya pun tidak sulit dicari. Variasi nasi goreng yang dapat dibuat juga sangat banyak.
Newswire | 12 April 2018 12:19 WIB
Nasi goreng - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA -- Nasi goreng termasuk menu makanan yang paling umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Hidangan ini terbilang mudah dibuat dan bahan-bahannya pun tidak sulit dicari. Variasi nasi goreng yang dapat dibuat juga sangat banyak.

Tidak terbantahkan jika nasi goreng juga menjadi salah satu menu makanan Indonesia yang paling dikenal di luar negeri.

Tetapi, apakah nasi goreng bisa dikategorikan sebagai menu sarapan sehat?

Spesialis konsultan gizi Fiastuti Witjaksono mengatakan nasi goreng bisa menjadi menu sarapan sehat selama memenuhi persyaratan.

"Sarapan sehat harus mengandung nutrisi lengkap," paparnya seperti dilansir dari Antara, Kamis (12/4/2018).

Nutrisi lengkap yang dimaksud adalah mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein, vitamin, mineral, dan serat agar tubuh bisa beraktivitas dan tetap bugar sehingga tidak terkena penyakit.

Nasi goreng tanpa tambahan apapun berarti hanya berisi karbohidrat dan protein, sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Agar ideal, perlu ditambahkan sumber nutrisi lain seperti sayuran.

Menyantap buah setelah mengonsumsi nasi goreng pun sangat disarankan agar tubuh mendapatkan asupan vitamin.

Fiastuti melanjutkan sarapan sehat harus juga kaya serat dan protein.

Serat berfungsi sebagai pengontrol gula darah agar tetap stabil dan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Adapun protein berperan sebagai sumber energi dan membangun serta memperbaiki jaringan tubuh.

Serat dan protein pun dibutuhkan otak sebagai sumber glukosa untuk energi di pagi hari.

Yang jelas, sarapan sangatlah penting agar otak tidak kesulitan bekerja dan menghambat aktivitas. Orang-orang yang tidak sarapan juga akan mengalami sakit kepala akibat kadar gula darah yang rendah.

Sumber : Antara

Tag : makanan sehat
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top