Ilustrasi./Antara,
Health

Mengenali Gejala Penyakit Lupus Bisa Dimulai dari Kulit, Simak Penjelasannya

Yoseph Pencawan
Sabtu, 5 Mei 2018 - 00:17
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Lupus Eritematosus Sistemik adalah penyakit autoimun yang melibatkan berbagai organ dengan manifestasi klinis yang bervariasi, mulai dari yang ringan sampai berat.
 
Pada keadaan awal, penyakit ini sering sekali sulit dikenali karena memiliki manifestasi yang sering tidak terjadi secara bersamaan, terlebih sampai sekarang penyakit ini belum diketahui persis penyebabnya.
 
Namun, Iris Rengganis, Ketua Divisi Alergi Imunologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM mengungkapkan, gejala serangan penyakit ini secara kasat mata bisa dideteksi melalui kulit.
 
"Sebanyak 70% penderita lupus memiliki beberapa gejala kulit," katanya, belum lama ini.
 
Dia menjelaskan, tiga kategori utama penyakit ini adalah Lupus Kutaneous Kronis (diskoid), Lupus Kutaneous Subakut serta Lupus Kutaneous Akut. Dan orang dengan Lupus Diskoid berkemungkinan menunjukkan bercak-bercak bersisik merah tebal pada kulit.
 
Lebih lanjut dikatakannya, Lupus Kutaneous Subakut sebenarnya juga bermanifestasi sebagai bercak merah bersisik, tetapi dengan sisi yang berbeda. Sedangkan Lupus Kutaneous Akut bermanifestasi sebagai ruam dan
beberapa memiliki ruam malar klasik (atau ruam kupu-kupu).
 
Ruam ini terjadi pada 3O% sampai 60% orang pendeita dan kondisi seperti rambut rontok, mulut dan bisul hidung merupakan manifestasi lain yang mungkin terjadi.
 
Selan itu, dijelaskannya juga bahwa perhatian medis yang paling sering dicari untuk mengidentifikasi penyakit ini adalah nyeri sendi. Biasanya pada sendi kecil dan pergelangan tangan, meskipun semua sendi tetap berisiko.
 
"Lebih dari 9O% dari penderita akan mengalami nyeri sendi dan atau otot pada suatu waktu, selama perjalanan penyakit mereka."
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro