Dugaan Penyalahgunaan Wewenang, Bos Tokoh Marvel Stan Lee Ditahan

Perintah penahanan sementara terhadap manager Stan Lee, Keya Morgan, dikeluarkan pada Rabu (13/6/2018) oleh Pengadilan Tinggi Los Angeles County.
Aprianus Doni | 14 Juni 2018 23:29 WIB
Patung-patung lilin menyerupai karakter dari film Marvel Entertainment, "The Avengers", di museum Madame Tussauds, New York, pada 26 April 2012. - Reuters

Bisnis.com, LOS ANGELES - Perintah penahanan sementara terhadap manager Stan Lee, Keya Morgan, dikeluarkan pada Rabu (13/6/2018) oleh Pengadilan Tinggi Los Angeles County.

Dalam laporan di pengadilan, Keya Morgan dituduh melakukan penyalahgunaan wewenang kepada tokoh pencipta Marvel Comics yang kini berusia 95 tahun.

Petisi untuk penahanan Morgan diajukan oleh pengacara Tom Lallas. Lallas yang sebelumnya menjadi pengacara Lee dipecat oleh Keya Morgan pada Februari 2017 ketika dia mulai menjadi orang yang bertanggung jawab pada kehidupan Lee dan menjadi satu-satunya orang yang bisa mewakilinya.

Menurut Lallas, Morgan menguasai rumah Lee, menyewa penjaga keamanan dan memerintahkan mereka untuk menjauhkan anggota keluarga dan orang-orang lainnya yang dikenal Lee dan dia percayai. Kemudian dia memindahkan Lee dari rumahnya yang lama ke sebuah kondominium.

"Pemohon, bersama dengan penegak hukum dan Layanan Perlindungan Dewasa, percaya bahwa Mr. Morgan terlalu mempengaruhi Mr. Lee dan mengisolasi dia," tulis Lallas dalam petisi.

Semua berawal ketika Morgan ditangkap pada Senin (11/6/2018) karena dicurigai membuat laporan palsu menggunakan layanan 911. Dia melaporkan pencurian yang sedang berlangsung di rumah Lee. Padahal yang terjadi adalah dua detektif polisi dan seorang pekerja sosial tiba untuk memeriksa kesejahteraan Lee.

Kecurigaan Lallas didasarkan pada penangkapan tersebut dan berujung pada pembuatan petisi penahanan.

Dalam deklarasi yang diajukan sebagai bagian dari permohonan penahanan terhadap Morgan, Lallas menggambarkan Lee berada dalam kondisi kesehatan yang lemah dan membutuhkan perlindungan khusus.

Menurutnya, Lee menderita gangguan pendengaran dan penglihatan yang parah dan bergantung pada perawatan sepanjang hari. Bahkan, baru-baru ini Lee menunjukkan tanda-tanda gangguan memori jangka pendek, gangguan penilaian, dan ketidakmampuan untuk menahan pengaruh yang tidak semestinya.

Lee yang menjadi aktor di balik kemunculan tokoh-tokoh Marvel seperti Hulk, Iron Man, dan Spider Man, dan mendedikasikan lebih dari lima dekade untuk menjadikan mereka populer seperti sekarang memiliki jumlah kekayaan yang tidak sedikit.

"Lee memiliki kekayaan dengan nilai lebih dari US$ 50 juta. Kondisi kesehatannya saat ini sangat rentan terhadap pemangsa hartanya," tulis Lallas dalam deklarasi seperti dikutip dari Reuters.

Sumber : Reuters

Tag : film, hukum, marvel
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top