Tips Menjaga Anak Tetap "Aman" di Media Sosial

Saat ini, media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan anak remaja. Tak bisa dipungkiri bahwa anak remaja sangat akrab dengan penggunaan media sosial. Karena itu, penting bagi orang tua untuk turut aktif memantau kegiatan mereka di dunia online.
Mia Chitra Dinisari | 26 Juli 2018 12:02 WIB
Media sosial - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan anak remaja. Tak bisa dipungkiri bahwa anak remaja sangat akrab dengan penggunaan media sosial. Karena itu, penting bagi orang tua untuk turut aktif memantau kegiatan mereka di dunia online.

Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak tetap menjadi faktor utama untuk menjaga keamanan anak saat mereka berselancar di internet.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan oleh para orang tua untuk membantu anak mereka tetap aman di platform media sosial seperti dilansir dari rilis Facebook:

1. Beri tahu anak Anda bahwa peraturan yang berlaku di dunia online sama seperti yang berlaku di dunia offline

Beri tahu anak Anda tentang norma dan aturan dasar perilaku di dunia online seperti halnya di dunia offline, di mana mereka harus bisa senantiasa menghormati orang lain.

Ingatkan mereka untuk berpikir sebelum melakukan apa pun di dunia online termasuk membagikan konten. Caranya dengan menjawab sendiri beberapa pertanyaan berikut:

• Apakah postingan saya bisa digunakan orang lain untuk berbuat jahat terhadap terhadap saya? Setiap foto maupun video yang diposting di online bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
• Apakah saya akan sedih dan kecewa ketika foto atau video saya dibagikan kepada orang lain?
• Hal terburuk apa yang mungkin terjadi jika saya memposting ini?
• Jika ingin membagikan sesuatu yang melibatkan orang lain, apakah orang itu akan berkeberatan?
• Jika ingin membagikan sesuatu yang melibatkan orang lain, pertimbangkan apakah orang yang berada dalam foto maupun video tersebut sudah memberikan izin kepada saya untuk menyebarkan konten tersebut secara online?

2. Jadilah panutan yang baik

Sebagai orang tua tentu tahu bahwa seorang anak akan meniru apa yang Anda lakukan dan bukan yang Anda perintahkan. Pemahaman ini berlaku bukan hanya di offline tapi juga online. Jika Anda menetapkan batasan waktu tentang kapan anak Anda dapat menggunakan smartphone dan mengakses media sosial (misalnya: tidak boleh menggunakan smartphone setelah jam 22.00), maka Anda juga harus mengikuti peraturan tersebut.

3. Bangun interaksi sejak dini

Di era digital saat ini, anak kecil bisa dengan mudah mengakses smartphone atau tablet. Seperti halnya di dunia offline, Anda perlu menjelaskan norma yang berlaku saat melakukan perbincangan di dunia online sejak dini. Mereka harus tahu dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial agar bisa lebih berhati-hati saat berselancar di dunia online. Jika anak Anda sudah memiliki akun Facebook dan Instagram, akan lebih baik jika Anda juga berteman dengannya di Facebook maupun Instagram.

4. Manfaatkan momen pertama

Anda bisa menggunakan momen saat pertama kali memberikan ponsel kepada anak Anda untuk menetapkan sejumlah aturan dasar penggunaan ponsel dengannya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan momen saat pertama kalinya anak Anda membuat akun media sosial. Ini merupakan waktu yang tepat untuk memberi tahu mereka tentang cara berbagi konten yang aman di media sosial. Anda juga bisa membuat sebuah perjanjian kecil antara Anda dan anak Anda untuk mengatur kegiatan mereka di media sosial.

5. Mintalah anak Anda untuk mengajari Anda

Apakah Anda tertarik untuk membuat akun Facebook maupun Instagram? Atau, mungkin Anda tertarik untuk mencoba layanan musik streaming? Jika anak Anda sudah terbiasa mengakses aplikasi dan situs tersebut, mereka dapat menjadi sumber informasi yang tepat bagi Anda. Misalnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada mereka tentang cara mengatur privasi Anda di Facebook dan Instagram. Anak-anak Anda akan merasa senang jika mereka memiliki kesempatan untuk membantu mengajari Anda tentang sesuatu yang mereka kuasai.

Facebook memahami bahwa keamanan anak di platform online merupakan hal yang sangat penting bagi orang tua. Namun, banyak orang tua yang kesulitan memahami cara menggunakan sejumlah fitur di media sosial. Oleh karena itu, Facebook menampilkan sebuah Portal Orang Tua yang berisi informasi, tips dan trik untuk membantu mereka mempelajari cara terbaik mengendalikan pengalaman online anak-anak mereka.

 

Tag : media sosial
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top