Gratis Nikmati Karya W.S. Rendra, Jangan Lewatkan Pemutaran Film "Kantata Takwa"

Ada pemutaran film dokumenter Kantata Takwa di Festivalkecil Rendra
Eva Rianti | 05 Agustus 2018 15:54 WIB
Almarhum W.S Rendra. - ANTARA
Bisnis.com, JAKARTA -- Guna mengenang 9 tahun berpulangnya Willibrordus Surendra Broto Rendra alias W.S. Rendra, hari ini (5/8/2018) di Kampus Bengkel Teater Rendra diadakanlah festival bertajuk "Festivalkecil Rendra". Festival ini gratis untuk umum, salah satu pertunjukannya ada pemutaran film dokumenter "Kantata Takwa". 
 
Anggota Kampus Bengkel Teater Rendra sekaligus panitia festival Budi Sadewo menuturkan bahwa festival yang akan menampilkan berbagai karya W.S. Rendra dan beragam karya seni budaya para murid Rendra tersebut dibuka bagi siapapun dan tidak berbayar. 
 
"Iya ini (festival) free alias gratis. Siapa saja silahkan nikmati," tuturnya. 
 
Dewo mengungkapkan bahwa festival tersebut diselenggarakan untuk mentransfer semangat hidup sosok W.S. Rendra kepada anak-anak muda. 
 
"Bagaimanapun Rendra sudah tidak ada tetapi spiritnya tetap ada dan harus diperkenalkan dengan anak-anak muda," ujarnya. 
 
Dalam festival tersebut nantinya selain diisi oleh murid-murid W.S. Rendra dan beberapa anak SMK dan komunitas seni, sederet seniman seperti Doddy Katamsi, Doddy B. Priambodo, Sihar P. Simatupang, Ari Kapin, Candra Malik, dan Kerensa Dewantoro juga turut unjuk gigi. 
 
Salah satu sesi yang paling menarik yang akan dihadirkan secara terbuka adalah pemutaran film "Kantanta Takwa". 
 
Film dokumenter yang dirilis 2008 ini berisi sebuah puisi kesaksian dari para seniman Indonesia tentang masa represif rezim Orde Baru Soeharto, sebuah masa yang banyak diwarnai dengan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dan maraknya pembunuhan terhadap aktivis. Film ini dibuka dengan adegan W.S. Rendra.
 
Adapun, W.S. Rendra di zaman itu banyak melahirkan karya-karya yang dianggap menyindir dan mengkritisi pemerintah sehingga harus keluar masuk penjara. Syair-syairnya menyertai adegan demi adegan dalam film tersebut. 
 
Selain W.S Rendra, seniman dan penyanyi Iwan Fals, Sawung Jabo, Jocki Surjoprajogo, dan Setiawan Djodi turut mengambil peran dalam film tersebut. 
 
" Film dokumenter ini belum sempat beredar. Silahkan nanti nonton saja," ujar Dewo. 
 
Film ini akan diputar pada festival tersebut tepat pukul 21.50--23.05. 
 
Festival ini berlangsung selama 18 jam dari pukul 06.00--24.00 WIB dan hanya satu hari saja. 

 

Tag : seniman
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top