Bayi/Antara
Health

Ini Langkah Tangani Kulit Sensitif pada Bayi

Asteria Desi Kartika Sari
Kamis, 6 September 2018 - 01:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit bayi yang sensitif sering menjadi permasalahan utama, bahkan bila dibiarkan dapat mengganggu si kecil. 

Dokter spesialis kulit Nanny Shoraya menjelaskan bagi orang tua yang memiliki anak dengan kulit sensitif sebaiknya harus berhati-hati dalam memberikan produk agar tidak memperburuk kondisinya.

"Hal ini menyebabkan kulit bayi tidak sehat dan pada akhirnya ia juga merasa tidak nyaman. Bayi juga akan lebih sering rewel serta aktivitasnya terganggu. Dalam jangka panjang bisa mengganggu perkembangannya," jelas Nanny di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Ada beberapa tips merawat bayi berkulit sensitif yang bisa diikuti oleh para orangtua. Mulai dari perlakuan sehari-hari hingga memilih produk yang tepat.

1. Tidak kontak lama dengan air

Pastikan kulit anak tak terlalu lama bersentuhan dengan air. Sebab, semakin lama kulit berkontak dengan air, maka penguapan air akan semakin besar dan kulit menjadi semakin kering. Gunakan suhu air dengan kisaran 37-37,5 derajat Celsius dengan durasi sekitar 5-10 menit.

Selain itu, area popok harus selalu dalam keadaan kering dan sebisa mungkin dijaga selalu bersih. Jika perlu, periksalah setiap tiga atau empat jam. Begitu anak buang air kecil atau buang air besar, gantilah popoknya meski kotoran baru sedikit.

2. Gunakan banyak pelembap.

Nanny mengatakan semua bahan yang berkontak dengan kulit bayi sensitif harus bersifat melembapkan. Jadi, pelembab yang dipilih adalah pelembap yang hipoalergenik dengan bahan non-iritan. Gunakan pelembap secara rutin, minimal dua kali sehari.

Menggunakan pelembap segera setelah mandi adalah waktu yang dianjurkan. Sebab pada waktu tersebut, kulit cenderung lebih mudah meresap bahan yang diaplikasikan di atasnya.

3. Hindari bahan kimia berbahaya seperti produk dengan alkohol tinggi, pewangi atau pewarna sintetis.

Jika ragu, cobalah sedikit produk pada area tubuh tertentu untuk melihat respons. "Anak dengan kulit sensitif dan kering biasanya tidak tahan bahan berbahaya seperti pewangi dan pewarna," tambahnya.

Jangan sekali kali menggunakan minyak yang dipergunakan untuk memasak pada kulit bayi sensitif, misalnya saja minyak zaitun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro