Ilustrasi-Yogurt/Thetimes.co.uk
Health

Waspadai, Gula Tersembunyi di Menu Diet dan Sehat

Dewi Andriani
Rabu, 12 September 2018 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ternyata, gula tidak hanya ditemukan pada makanan yang manis saja. Berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, bahkan yang tidak manis sekalipun memiliki gula tersembunyi yang tidak disadari oleh sebagian besar masyarakat, termasukberbagai menu diet dan sehat.

Dokter spesialis gizi klini Diana F Suganda  mengakui gula sangat sulit untuk dihindari. Dia memerinci kandungan gula pada berbagai jenis makanan. Misalnya setiap menu sarapan dewasa seperti bubur ayam, lontong sayur, dan nasi uduk terdapat kandungan gula sebanyak 1,8 hingga 3,11 gram. 

Sereal yang terbuat dari gandum utuh pilihan yang banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan anak mengandung 7 gram gula tersembunyi, bila dicampur susu jumlahnya akan akan bertambah menjadi 23 gram per sajian.

Selain itu, berbagai menu diet seperti granola yang selama ini diyakini rendah kalori ternyata kandungan gulanya mencapai 20 gram per sajian. Begitu pula dengan snack bar atau healty bar yang diklaim berasal dari buah-buahan pun tak luput dari gula tersembunyi yang jika dihitung jumlahnya sekitar 10 gram hingga 20 gram per sajian.

Adapun untuk minuman yogurt yang sering dijadikan campuran smoothies atau minuman pendukung diet memiliki kandungan gula yang cukup tinggi mencapai 20 gram per sajian. Susu almond yang saat ini sedang menjadi tren dan dianggap menyehatkan pun mengandung gula tersembunyi sebanyak 10,5 gram per sajian. Apalagi untuk jenis kudapan seperti puding atau cake, kandungan gulanya bisa lebih dari 20 gram.

”Banyak masyarakat yang sering berpikir bahwa menu makanan itu sehat sehingga boleh dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Padahal, di dalam setiap sajian kandungan gulanya terbilang cukup banyak. Tak heran bila 30% masyarakata Indonesia mengonsumsi lebih dari batas yang ditetapkan WHO,” jelasya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro